get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

5 Obat Rumahan Ini Bisa Bantu Atasi Kurap, Apa Saja ?

Rabu, 01 Maret 2023 | 14:50 WIB
header img
5 Obat Rumahan Ini Bisa Bantu Atasi Kurap, Apa Saja ? ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Tubuh yang terkena kurap biasanya sangat gatal serta mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dermatofita. 

Tubuh yang terkena kurap biasanya memiliki ruam merah, gatal, hingga bersisik. Kurap ini termasuk penyakit kulit yang bisa menular. Apalagi jika berkontak langsung dengan penderita kurap, kemungkinan besar bisa tertular dengan cepat. 

Berikut ada sejumlah obat alami yang bisa bantu atasi kurap di tubuh. 

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki nama latin Aloe Vera. Tanaman ini juga bisa menjadi zat antiseptik yang efektif mengatasi masalah kurap pada tubuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni hanya tinggal oleskan gel lidah buaya ataupun krim lidah buaya pada area kulit yang terkena kurap sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. 

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti jamur yang bisa membantu mengatasi kurap di tubuh. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan cara oleskan cuka apel menggunakan kapas di area yang terkena kurap. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Akar manis (licorice)

Akar manis merupakan sebuah tanaman obat yang memiliki kandungan antimikroba, antivirus, dan juga anti radang. Jadi jangan heran jika akar manis sering digunakan untuk mengobati kurap secara alami. Cara membuat obat kurap dari akar manis yakni cukup campurkan delapan sendok teh bubuk akar manis lalu tuangkan secangkir air dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan hingga 10 menit. Aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta pada area yang terkena infeksi selama 10 menit. Cara ini bisa digunakan sebanyak 2 kali dalam sehari. 

4. Tea tree oil

Minyak tea tree oil termasuk golongan minyak yang kaya akan manfaat. Minyak ini memiliki kandungan zat antibakteri yang bisa atasi infeksi jamur seperti kurap. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni cukup teteskan minyak sebanyak 3 tetes pada minyak kelapa dan aplikasikan campuran minyak ini pada area kulit yang terkena kurap.

5. Minyak sereh

Ekstrak minyak sereh memiliki sifat anti jamur yang bisa atasi infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, seperti kurap. Minyak sereh kini sudah banyak dijual di pasaran. Namun jika tidak menemukannya, bisa dengan membuat minyak sereh sendiri di rumah. Caranya pun mudah, yakni cukup campurkan minyak kel

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut