get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

3 Ciri-Ciri Perubahan Mata pada Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Selasa, 28 Februari 2023 | 08:46 WIB
header img
3 Ciri-Ciri Perubahan Mata pada Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja? ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Kolesterol merupakan lemak yang mengalir pada peredaran darah. Tubuh banyak memerlukan nutrisi yang sangat banyak, supaya organ di dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Kadar kolesterol yang mengalir di dalam peredaran darah harus dipastikan selalu stabil, yakni tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kolesterol baik dan kolesterol buruk.

Kolesterol baik sangat berfungsi untuk pembentukan hormon, meningkatkan sistem pencernaan, dan juga meningkatkan vitamin D di dalam tubuh. Sedangkan kolesterol jahat bisa menghambat aliran darah sehingga memicu terjadinya penyakit jantung.

Jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga kematian. Kolesterol jahat bisa menyerang daerah mata dan membuat sistem penglihatan menurun.

Berikut ada 3 ciri-ciri perubahan pada mata jika memiliki tingkat  kolesterol tinggi.

1. Arcus Senilis

Arcus senilis adalah salah satu ciri-ciri seseorang terkena kolesterol tinggi. Biasanya ciri-ciri tersebut dialami oleh seseorang yang berusia 45 tahun kebawah.

Arcus senilis awalnya muncul pada bagian atas mata dan di area bawah kornea mata. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi tersebut bisa merusak cincin di sekitar kornea mata.

2. Hiperkolesterolemia Familia

Kondisi ini disebabkan akibat adanya kelainan genetik. Ciri kelainan ini ada dibeberapa bagian tubuh, salah satunya ada di bawah kelopak mata. Faktor genetik ini biasanya terjadi secara turun temurun. Seseorang yang berasal dari keturunan tersebut, sudah tentu memiliki kadar kolesterol jahat yang sangat tinggi sejak lahir.

3. Xanthelasma

Xanthelasma termasuk ciri-ciri kolesterol tinggi yang umum menyerang daerah mata. Xanthelasma ini umumnya berupa plak berwarna kekuningan yang berasal dari gumpalan lemak yang ada di sekitar mata. Plak ini umumnya tumbuh di sekitar sudut mata dekat dengan hidung. Baik pada kelopak mata bagian atas maupun bawah.

Xanthelasma biasanya berupa gumpalan yang agak padat atau seperti bintik bulat yang memiliki posisi simetris pada kelopak mata. Gangguan pada kelopak mata ini biasanya sering terjadi pada wanita yang berusia 30-50 tahun yang mengalami kolesterol tinggi.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut