get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

4 Makanan Ini Bisa Cegah Alergi dan Flu Saat Musim Hujan

Senin, 13 Februari 2023 | 16:06 WIB
header img
4 Makanan Ini Bisa Cegah Alergi dan Flu Saat Musim Hujan ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Jika musim hujan telah tiba, kemungkinan untuk terkena alergi atau flu bisa sangat besar. Gejala yang muncul biasanya berupa hidung tersumbat, pilek, batu, atau bahkan gejala lainnya.

Penyakit flu bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ada beberapa makanan yang bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit flu dan alergi.  

1. Apel

Buah apel kaya akan kandungan quercetin yang bisa membantu tubuh mengatasi beberapa gejala flu atau alergi musiman. Apel bisa meringankan gejala pilek, bersin hingga mata gatal akibat penyakit flu atau alergi. Kandungan quercetin pada apel bisa berfungsi sebagai antihistamin alami yang bisa membantu tubuh meredakan gejala alergi atau bahkan flu. 

2. Kunyit

Banyak makanan tradisional yang menggunakan kunyit sebagai bumbu alami. Kunyit sendiri dipercaya bisa membantu tubuh mengatasi peradangan. Tak hanya itu saja, kunyit juga bisa membantu tubuh mengatasi alergi musiman secara alami. Sebab kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa mengurangi alergi musiman yang mengganggu. Selain itu kunyit juga digunakan sebagai pewarna alami dan serta penambah rasa lezat pada masakan. 

3. Ikan Berlemak

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda ( PUFA ) serta omega-3 dan omega-6 sangat penting bagi tubuh, karena bisa membantu tubuh mencegah reaksi alergi di musim hujan maupun musim dingin. Kandungan PUFA juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Selain itu ikan berlemak juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya alergi seperti asma pada anak-anak. Kandungan ini biasanya terdapat pada ikan air dingin seperti salmon, mackerel, tuna dan juga sarden. 

4. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C, mangan, dan juga enzim anti-inflamasi bromelain. Kandungan bromelain juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit termasuk menghilangkan alergi musiman. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut