get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Musim Hujan Tiba, Ini 4 Cara Efektif agar Anak Tak Gampang Sakit

Jum'at, 10 Februari 2023 | 16:01 WIB
header img
Musim Hujan Tiba ? Ini 4 Cara Efektif Agar Anak Tak Gampang Sakit ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Musim hujan tentu banyak orang mudah terserang penyakit, diantaranya penyakit influenza atau yang sering disebut dengan flu. Flu ini sering disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. 

Terkait hal ini, anak-anak dianggap yang paling rentan terkena penyakit ini selama musim penghujan. Maka bagi para orang tua diharuskan untuk mengatur pola hidup sehat sang anak agar tak mudah sakit.

Salah satu cara mencegah sang anak tak mudah sakit antara lain dengan memperhatikan pola makan serta memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan yang berwarna cerah.

Sebab makanan ini banyak mengandung karotenoid yang merupakan fitonutrien yang bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Berikut ada beberapa cara yang efektif agar anak tak gampang sakit selama musim hujan.  

1. Istirahat cukup 

Istirahat yang cukup sangat diperlukan agar sistem kekebalan tubuh pada anak bisa terjaga. Jika anak tak cukup tidur saat malam hari, kemungkinan besar bisa menyebabkan sakit, seperti masuk angin. Saat tidur sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang dikenal membawa protein untuk melawan peradangan dan penyakit. Apalagi tubuh anak-anak membutuhkan banyak sekali protein saat mengalami sakit atau stres. 

2. Makan Sayur dan Buah 

Bagi anak-anak, mengkonsumsi buah dan sayur sangat penting, sebab bisa meningkatkan sistem kekebalan ( imunitas ) pada tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Anak-anak diharuskan mengkonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut