get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Bahaya! Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur

Sabtu, 11 Februari 2023 | 12:58 WIB
header img
Bahaya! Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Beberapa orang berusaha memiliki waktu tidur yang optimal dengan mengkonsumsi obat tidur. Tak banyak orang yang mengetahui jika masalah tidur bisa disebabkan oleh makanan yang salah pada malam hari. Untuk itu sebelum tidur sebaiknya perhatikan porsi makanan ketika mendekati waktu tidur, agar kualitas tidur bisa lebih optimal. 

Berikut ini ada 4 makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. 

1. Makanan Pedas

Jangan mengkonsumsi makanan pedas saat malam hari, sebab bisa mengganggu sistem pencernaan. Saat malam hari suhu tubuh diharuskan dalam keadaan lebih rendah untuk memudahkan tubuh beristirahat lebih nyenyak.

Jika mengkonsumsi makanan pedas yang berbahan dasar cabai ternyata malah bisa meningkatkan suhu tubuh. Sensasi panas dari cabai akan membuat tubuh terus terjaga. Tak hanya itu saja, rasa pedas juga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Jika mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya pada saat siang hari saja. 

2. Olahan Daging

Steak atau makanan olahan daging lainnya tentunya sangat menggugah selera. Sebelum menyantap makanan ini, sebaiknya ingatlah bahwa daging sangat sulit dicerna oleh tubuh. Apalagi jika mengkonsumsi olahan daging, sistem pencernaan akan terus bekerja yang malah membuat tubuh akan terus aktif. Jika tubuh masih dalam keadaan aktif, maka akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur nyenyak. Selain itu, mengkonsumsi daging saat malam hari bisa membuat pencernaan di dalam tubuh bekerja lebih ekstra. 

3. Makanan Dengan Rasa Manis

Mengkonsumsi es krim, kue, donat dan makanan manis lainnya saat malam hari ternyata merupakan pilihan yang buruk. Sebab mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. 

4. Makanan Mengandung Kafein Tersembunyi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kopi, coklat atau makanan lainnya yang memiliki kandungan kafein bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein saat malam hari, sebab bisa mengurangi jumlah tidur seseorang. Selain itu jika ingin mengkonsumsi makanan ini, periksalah tabel nutrisinya terlebih dahulu. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut