get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

5 Jenis Buah Ini Bisa Cegah Anemia, Apa Saja ?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 13:47 WIB
header img
5 Jenis Buah Ini Bisa Cegah Anemia, Apa Saja ? ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Seseorang yang kekurangan sel darah merah didalam tubuh sangat berpotensi terkena penyakit anemia. Penyebab penyakit anemia sangat beragam, seperti kekurangan zat besi, asam folat, atau kehilangan banyak darah akibat peristiwa tertentu. 

Beberapa kasus anemia bisa diobati melalui perubahan pada pola makan, jika menyadari gejala anemia sejak awal. 

Pengidap penyakit anemia bisa mengkonsumsi asam karbonat atau buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Sebab vitamin C bisa membantu tubuh untuk mengatur asupan zat besi serta bisa meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah. 

5 Jenis Buah Pencegah Anemia 

Dibawah ini ada sejumlah buah-buahan yang bisa menambah kadar hemoglobin di dalam darah .

1. Pisang 

Buah pisang dikenal mempunyai kandungan karbohidrat, kalium, serta magnesium yang sangat tinggi. Kandungan zat besi ini bisa membantu tubuh mencegah penyakit anemia. Tak hanya itu saja, buah pisang juga banyak mengandung berbagai vitamin yang sangat berpengaruh pada proses produksi darah sehat di dalam tubuh. 

2. Persik 

Buah persik merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat tinggi. Vitamin C yang terkandung di dalam buah persik bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah terjadinya penggandaan sel darah merah yang rusak. 

Buah persik dinilai mampu membantu tubuh untuk mendorong penurunan berat badan, memperbaiki kulit serta menjaga kesehatan mata. 

3. Delima 

Salah satu buah yang bisa meningkatkan jumlah darah didalam tubuh adalah delima. Buah delima merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang tinggi.

Asam askorbat yang terkandung di dalam buah delima mampu meningkatkan kandungan zat besi di dalam tubuh. Hal ini sangat diperlukan karena bisa membantu tubuh untuk mengatur jumlah darah. Jika sedang menjalani program diet, jangan lupa untuk mengkonsumsi jus delima, karena satu gelas jus delima mampu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. 

4. Pepaya 

Buah pepaya merupakan buah yang sangat murah serta mudah didapatkan. Meskipun terkenal murah, buah ini mengandung banyak sekali vitamin C di dalam tubuh. Dalam 140 gram buah pepaya mengandung sebanyak 53 mikrogram asam folat yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian di dalam tubuh sebesar 13%.

5. Jeruk 

Jeruk memang terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk, kebutuhan vitamin C didalam tubuh akan terpenuhi dengan optimal. Vitamin C juga bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Sehingga kebutuhan zat besi didalam tubuh bisa terpenuhi.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut