get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

5 Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 14 Februari 2023 | 10:26 WIB
header img
5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Buah manggis memiliki kandungan zat yang disebut Xanthone. Senyawa Xanthone ternyata mengandung zat merah yang berkhasiat sebagai antikanker, antibakteri dan juga anti inflamasi

Xanthone juga dipercaya memiliki potensi untuk memperkuat sistem imun, yang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, senyawa ini juga bisa menjaga kesehatan mental dan keseimbangan mikroba di dalam tubuh serta bisa meningkatkan kelenturan pada sendi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, manggis juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah manggis bisa membuat sistem pencernaan di dalam tubuh berjalan dengan baik. 

Berikut ada 5 manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh.

1. Cocok bagi Pasien TBC

Buah manggis memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur yang sangat kuat. Buah ini juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Sifat yang terkandung di dalam manggis bisa menghambat bakteri-bakteri yang berbahaya bagi tubuh, hal ini sangat berguna bagi penderita tuberkulosis. 

2. Antioksidan

Dalam penelitian buang manggis mengandung senyawa polifenol alami yang dikenal sebagai xanthones. Buah manggis memiliki dua jenis xanthone, yakni alpha manggis dan juga gamma manggis. Xanthones dan juga turunannya terbukti memiliki manfaat sebagai antiradang.

Xanthones juga dipercaya efektif melawan penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini bisa menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat dari radikal bebas.

Antioksidan ini juga bisa memperlambat proses penuaan dan menangkal penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif bisa membuat organ di dalam tubuh memburuk dengan seiring berjalannya waktu. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut