get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Punya Asam Urat ? Kenali 5 Macam Buah Pemicunya

Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:48 WIB
header img
Punya Asam Urat ? Kenali 5 Macam Buah Pemicunya ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Buah memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun beberapa buah ini ternyata tak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam urat

Para penderita asam urat perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya, termasuk dengan buah-buahan yang akan dimakan setiap hari. Sebab, ada beberapa buah yang bisa memicu terjadinya asam urat. Buah-buahan ini biasanya memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Kandungan fruktosa biasanya terdapat di dalam buah dan sayur. Kandungan inilah yang membuat buah memiliki rasa manis. 

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa korelasi antara makanan yang memiliki tingkat fruktosa yang tinggi bisa menyebabkan gejala asam urat yang dapat mencangkup nyeri kronis. Jika memiliki riwayat penyakit asam urat, usahakan mengkonsumsi buah-buahan ini secukupnya. 

5 Macam Buah yang Bisa Memicu Terjadinya Asam Urat

Asam urat bisa menyebabkan persendian membengkak dan menjadi lunak hingga nyeri kronis. Jika menderita asam urat, perlu diperhatikan pola makan yang bisa membantu tubuh untuk meringankan gejalanya. Berikut ada macam-macam buah yang bisa memicu terjadinya asam urat. 

1. Persik

Buah persik mengandung oksalat yang tinggi. Umumnya kandungan oksalat bisa terlihat di dalam jus buah yang harus dihindari penderita asam urat. Jika kandungan ini bercampur dengan kalsium di ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Sedangkan tubuh sangat memerlukan bantuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat. 

2. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang rendah purin. Tetapi perlu diketahui, buah kurma mengandung fruktosa yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara berlebih bisa beresiko terkena penyakit asam urat dalam darah tinggi. 

3. Kismis

Buah kismis terbuat dari anggur yang mengandung purin. Jika mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi bisa meningkatkan resiko terjadinya asam urat. Kismis juga bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Buah-buahan kering seperti kismis seharusnya dihindari sepenuhnya oleh penderita asam urat. 

4. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, sehingga bisa memicu terjadinya asam urat. Jika mengkonsumsi anggur secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat kambuh disertai dengan rasa nyeri yang berkepanjangan.

5. Apel

Apel dipercaya memiliki kandungan fruktosa alami dalam jumlah yang sangat tinggi. Jika memiliki riwayat sakit asam urat sebaiknya jangan mengkonsumsi buah apel secara berlebihan, sebab kandungan di dalam buah apel bisa memperburuk penyakit asam urat yang diderita. 

Itulah lima buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam urat. Semoga membantu.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut