get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

5 Destinasi Wisata Sejarah Di Jawa Tengah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:27 WIB
header img
5 Destinasi Wisata Sejarah Di Jawa Tengah ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Jawa Tengah merupakan salah satu nama provinsi yang berada tepat di tengah Pulau Jawa. Selain terkenal dengan logat ngapak-nya, ternyata Jawa Tengah juga memiliki beberapa tempat wisata sejarah yang sangat mempesona.

Jawa Tengah terdiri dari beberapa daerah yang memiliki tempat wisata sejarah, seperti : 

1. Wisata Candi Mendut

Candi Mendut berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terletak tak jauh dari lokasi candi Borobudur.  Oleh karena itu setelah mengunjungi candi Borobudur,tak ada salahnya jika  pergi ke candi Mendut.

Candi Mendut merupakan candi yang bercorak Budha yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Budha pada masa lampau. Jika berkunjung ke sini, wisatawan bisa melihat jaladwara atau saluran pembuangan air dari selasar yang berada di sepanjang dinding luar langkan.

Candi Mendut berbentuk persegi dengan ketinggian yang mencapai 24,6 meter. Pada dinding candi Mendut terdapat sebuah relief yang bersulur-sulu dan pahatan bunga yang mengandung cerita sejarah dari agama Budha.

2. Wisata Masjid Agung Demak

Selain candi Mendut, terdapat juga Masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan bercorak Islam. Masjid ini merupakan peninggalan dari Walisongo saat menyebarkan agama Islam di Demak.

Umur Masjid Agung Demak sudah mencapai sekitar 500 tahun dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Salah satu hal yang sangat menarik dari arsitektur masjid ini adalah satu tiang utama yang terbuat dari tumpukan tatal ( serpihan balok kayu ) yang konon dibuat langsung oleh Sunan Kalijaga.

Sedangkan ketiga tiang lainnya terbuat dari kayu jati. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga sering digunakan sebagai destinasi wisata religi bagi umat Islam.

3. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo atau Keraton Solo

Keratin kasunanan Surakarta merupakan sebuah istana yang telah dibangun sejak tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II. Pada saat itu keraton Kasunanan Surakarta telah menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surakarta.

Sebagian besar kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi miliki kasunanan, termasuk pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton dan juga gamelan.

Pengunjung bisa menikmati suasana zaman kerajaan di kawasan Keraton Kasunanan ini. Wisatawan juga bisa mengabadikan beberapa moment di beberapa spot foto yang menarik.

4. Wisata Masjid Menara Kudus

Selain Masjid Agung Demak, Jawa Tengah juga memiliki Masjid Menara Kudus yang juga termasuk peninggalan pada saat penyebaran agama Islam. Masjid ini merupakan peninggalan dari Sunan Kudus yaitu, Ja'far Shodiq.

Masjid Menara Kudus memiliki arsitektur yang unik, yaitu perpaduan antara agama Hindu dan Islam yang menjadi satu. Sebab pada masa itu, kebanyakan penduduk masih beragama Hindu. Pada perayaan ulang tahun masjid Agung Demak  telah dilakukan pelepasan 485 ekor burung merpati sebagai simbol perdamaian antar umat beragama di Indonesia.

Hal yang menarik lainnya ada pada batu perisai yang berada di tempat pengimaman masjid. Konon batu ini berasal dari Baitul Maqdis ( Al-Quds ) Jerusalem, Palestina. 

5. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang memiliki unsur budaya dan sejarah yang sangat kental. Sehingga banyak sekali bangunan kolonial yang bergaya vintage. Kota Lama Semarang juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata yang bernuansa sejarah.

Di kawasan ini, para wisatawan bisa menikmati kuliner seperti nasi gandul dan nasi ayam yang khas. Serta ada juga nasi goreng babat yang sudah terkenal akan kelezatannya.

Tak hanya bisa menikmati wisata kuliner, Kota Lama Tangerang juga memiliki galeri seni Semarang Contemporary Art Gallery yang terletak di Jalan Taman Srigunting nomor 5 - 6. Selain itu terdapat juga beberapa spot foto menarik, seperti Gereja Blenduk. Tak ketinggalan juga di Kota Lama Semarang juga ada penginapan yang bergaya vintage yang bisa digunakan oleh pengunjung jika ingin berlama-lama di Semarang.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut