get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

5 Kuliner Solo yang Legendaris dan Terpopuler, Tak Kalah dengan Kuliner Kekinian

Selasa, 07 Februari 2023 | 11:27 WIB
header img
5 Kuliner Solo yang Legendaris dan Terpopuler, Tak Kalah dengan Kuliner Kekinian ( foto ; Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Solo merupakan salah satu kota yang menawarkan banyak sekali wisata budaya. Wisata budaya di Kota Solo masih sangat kental dan terjaga. Selain itu juga terdapat wisata kuliner yang selalu membuat para pecintanya ketagihan. 

5 Kuliner Solo yang Legendaris

Tak hanya Jogja saja yang terkenal dengan kulinernya, Solo juga akrab disebut sebagai kota kuliner murah dengan citarasa yang sangat lezat. Jika berlibur ke kota ini tak ada salahnya untuk mencoba beberapa kuliner khas Solo yang sangat legendaris. Berikut ada beberapa kuliner yang selalu dipadati pengunjung.

1. Selat Solo Mbak Lies (1987)

Para pecinta kuliner pastinya sudah tak asing dengan makanan khas solo ini. Kudapan ini juga menjadi salah satu menu makanan saat di acara pernikahan Kaesang dan juga Erina. Selat merupakan sebuah plesetan dari kata salad, tetapi selat tak menggunakan bahan utama sayuran melainkan daging sapi. 

Bahkan makanan ini lebih mirip dengan bistik yang disajikan dengan kuah manis dan encer khas dari daerah Jawa. Selat solo yang sangat terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran, Gang II, Kota Serengan, Solo, Jawa Tengah

2. Serabi Notosuman (1923)

Serabi Notosuman sudah berumur kurang lebih 100 tahun, meski begitu serabi ini selalu menjadi tujuan wisatawan jika berkunjung ke Solo. Serabi Notosuman juga sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. 

Serabi Notosuman juga memiliki citarasa yang sangat autentik, yakni gurih dan manis. Hal ini lah yang membuat serabi dari kedai ini berbeda dengan serabi lainnya. Pusat Kedai Serabi Notosuman terletak di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Kota Solo. 

3. Nasi Liwet Wongso Lemu (1950-an)

Nasi liwet merupakan salah satu kudapan tradisional yang masih digandrungi oleh masyarakat setempat. Di Solo terdapat kedai nasi liwet yang sangat legendaris yakni Nasi Liwet Wongso Lemu. Disini pengunjung disajikan nasi liwet, sayur labu, suwiran ayam dan juga potongan telur rebus.

Nasi liwet Wongso Lemu memiliki citarasa gurih dan manis yang sangat menggugah selera. Kedai nasi liwet ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo.

4. Soto Ayam Gading (1974)

Kedai Soto Ayam Gading berada di Jalan Brigjen Sudiarto, No. 75, Solo. Soto ayam ini memiliki kuah dengan citarasa yang sangat kuat sebab menggunakan berbagai bumbu rempah. Tapi uniknya, warna kuah di kedai ini tetap bening meski sudah diberi beberapa campuran rempah-rempah. 

Untuk menikmati semangkuk soto ini, pengunjung juga bisa memilih beberapa pilihan lauk tambahan seperti empal, perkedel kentang, sate jeroan dan juga lainnya. 

5. Tengkleng Klewer Bu Edi (1971)

Salah satu kuliner di Solo yang sangat legendaris adalah tengkleng klewer milik Bu Edi. Tengkleng sendiri merupakan olahan tulang iga kambing yang mirip dengan gulai namun memiliki citarasa yang sangat berbeda. Selain itu tengkleng klewer milik Bu Edi merupakan kuliner yang wajib dicoba ketika melancong ke Solo. 

Untuk menikmati kuliner ini, pengunjung hanya perlu menuju Pasar Klewer, Solo. Menurut informasi, warung ini sudah diturunkan ke generasi ketiga. Cukup membayar sekitar Rp 50.000 wisatawan sudah bisa menikmati seporsi tengkleng yang sangat lezat. 

Jika mengunjungi Solo, kuliner mana nih yang kalian pilih untuk dicoba pertama kali ?

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut