get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Pesona Pantai Sigandu yang Eksotis

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:39 WIB
header img
Pesona Pantai Sigandu yang Eksotis ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Jika berlibur di Kabupaten Batang tak lengkap jika belum mengunjungi Pantai Sigandu. Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. 

Pantai Sigandu terletak di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini hanya berjarak 4 kilometer dari pusat kota Batang. Wisata ini memiliki garis pantai yang landai dengan ombak yang tak terlalu besar. 

Daerah pantai ini sangat bersih, sehingga wisatawan akan jarang menemukan sampah yang berserakan. Sebab petugas kebersihan di lokasi ini selalu aktif untuk membersihkan sampah yang berada di kawasan pantai. 

Di pinggiran pantai banyak sekali pepohonan yang rindang dan tersusun rapi. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung Pantai Sigandu untuk berteduh saat siang hari, sambil menikmati keindahan pantai dan sejuknya angin. 

Wisatawan diperbolehkan berenang di kawasan pantai, asalkan jangan berenang sampai ke tengah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pantai ini juga sudah memberi garis pembatas sebagai batas aman berenang wisatawan. 

Pantai Sigandu juga memiliki beberapa fasilitas bermain untuk anak anak dan juga lapangan voli yang bisa bebas digunakan oleh siapa saja. Jika tak ingin bermain air, wisatawan bisa bermain di arena outbound yang terdapat di sekitar daerah pantai. Di area outbound wisatawan bisa bermain flying fox atau bisa mengelilingi pantai menggunakan motor ATV. 

Ketika sudah lelah bermain, wisatawan bisa mengunjungi kafe-kafe atau tempat makan yang terdapat di kawasan Pantai Sigandu. Kawasan Pantai Sigandu juga telah dibangun Dolphins Center Batang yang merupakan pusat penangkaran dan juga pertunjukan ikan lumba-lumba. Dolphins Center Batang telah bekerjasama dengan Taman Safari Indonesia sehingga pusat penangkaran ini legal. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan akuarium ikan, kolam penyu, kebun binatang mini dengan banyak sekali koleksi hewan seperti macan tutul, beruang madu, zebra, waterbuck, lama, burung emu dan lain sebagainya. 

Di pantai ini juga telah didirikan dermaga kecil untuk tempat berlabuhnya kapal-kapal wisata yang membantu wisatawan untuk mengelilingi laut. Dermaga ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing. Jika tak membawa alat pancing wisatawan bisa menyewa alat serta peralatan memancing yang berada di sekitar pantai. 

Wisatawan bisa menikmati sunrise, namun tentu saja harus datang lebih awal sebelum matahari terbit. Meski menawarkan pesona pantai yang eksotis, ternyata tiket masuk wisatawan hanya sekitar Rp 5.000 per orang dan bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Dolphins Center Batang dan kebun binatang mini hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 per orang. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut