get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

3 Legenda yang Menyelimuti Telaga Warna Dieng

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:43 WIB
header img
3 Legenda yang Menyelimuti Telaga Warna Dieng ( foto : istimewa )

Tak hanya memiliki wisata yang indah saja, Telaga Warna Dieng juga menyimpan legenda yang dipercaya hingga saat ini, berikut diantaranya:

1. Tempat Mandi Bidadari

Legenda yang pertama menyebutkan jika telaga warna merupakan tempat mandinya para bidadari khayangan.

2. Terbentuk dari Cincin Bangsawan

Yang kedua, berupa mitos yang menyebutkan bahwa Telaga Warna Dieng terbentuk dari sebuah cincin seorang bangsawan sakti yang terlempar ke tengah telaga.Dimana perubahan warna ini dipercaya sebagai luruhan dari warna cincin ini. 

3. Ratu Jodohkan Anaknya dengan Ksatria

Ketiga, ada kisah yang mengatakan jika dulu ada seorang Ratu bersama dengan putrinya mengunjungi daerah Dieng dan mereka melihat dua buah telaga. Kemudian sang ratu memuji sebuah telaga yang dibuat oleh seorang ksatria, dan menikahkan putrinya dengan ksatria tersebut.

Sang ratu dan putrinya sangat menyukai keindahan Telaga Pengilon dan kemudian mandi di telaga ini.Tapu naas baju yang mereka taruk terbang tertiup angin dan jatuh ke telaga lain yang berada tepat di samping Telaga Pengilon. Seketika air telaga berwarna warni seperti hijau, keemasan, biru, dan juga merah.

Jika secara ilmiah, perubahan fenomena alam ini diakibatkan oleh kandungan sulfur yang tinggi sehingga mempengaruhi warna air telaga jika terkena pantulan sinar matahari. Dan proses terbentuknya Telaga Warna Dieng ini diakibatkan oleh letusan. gunung berapi purba yang telah terjadi beberapa ratus juta tahun yang lalu.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut