get app
inews
Aa Read Next : Viral! Wanita di Lampung Lahir Tanpa Hamil

Wisata Teluk Kiluan Lampung yang Eksotis

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:12 WIB
header img
Wisata Teluk Kiluan Lampung yang Eksotis

JEMBER, iNewsJember.id - Jika melancong ke Lampung jangan lupa untuk mengunjungi Teluk Kiluan. Objek wisata ini sangat dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata di Tanggamus Lampung yang menawarkan keindahan pantai dengan kawanan lumba-lumba yang bisa dilihat di tengah laut. 

Tempat wisata ini masih sangat alami serta terjaga dari campur tangan manusia yang sedang berlibur. Kawasan ini juga sangat nyaman dan tentram karena jauh dari kota. 

Selain itu banyak kumpulan lumba-lumba liar dan ikan paus yang dikala tertentu bisa dilihat secara langsung dari lokasi ini. 

Teluk ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Lokasi ini berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan. 

Ketika sudah sampai di Teluk Kiluan, pemandangan pantai yang berwarna biru kehijauan sangat memukau mata. Dengan air yang jernih dan dangkal membuat pemandangan terumbu karang dan ikan hias di bawah laut bisa terlihat dengan jelas. 

Kebersihan teluk ini juga sangat dijaga oleh warga sekitar sehingga tidak akan ditemukan sampah di sekitar lokasi. Teluk ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan ikan yang melimpah sehingga tempat ini menjadi sasaran bagi wisatawan yang hobi memancing. 

Untuk melihat atraksi Lumba-Lumba maka wisatawan bisa berlayar ke tengah laut. Lumba-Lumba bisa dilihat pada bulan April sampai dengan September atau pada musim kemarau. 

Untuk memasuki kawasan ini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Harga ini sama dengan tiket untuk pergi ke Laguna. Namun jika ingin menyeberang ke Laguna wisatawan dikenakan biaya perahu atau jukung sebesar Rp 20.000. Sedangkan untuk melihat Lumba-Lumba wisatawan bisa membayar perahu jukung sebesar Rp 250.000 hingga Rp 400.000. Jika ingin memakai life jacket wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. 

Di dekat lokasi wisata juga terdapat penginapan berupa rumah-rumah warga yang bisa disewa dengan harga Rp 200.000 hingga Rp 300.000 untuk perkamar dan sudah termasuk makan 3 kali sehari. 

Teluk Kiluan Lampung juga menyediakan penginapan berupa rumah panggung yang sangat nyaman dan terletak di tepian Teluk Kiluan dan ada juga di pinggir Teluk Kiluan. 

Pengunjung juga bisa menginap di rumah warga sekitar atau bisa mendirikan tenda yang bisa dibawa sendiri dari rumah. Yang perlu diperhatikan wisatawan juga harus membawa perlengkapan trip seperti pakaian, makanan, power bank karena di lokasi ini tidak ada listrik. 

Di lokasi ini hanya menggunakan genset yang bisa hidup mulai jam 6 sore hingga tengah malam saja. Jika ingin mandi, wisatawan bisa menggunakan toilet di masjid yang sudah disediakan di tempat ini. Untuk pengunjung yang tidak membawa bekal dapat memesan makanan kepada warga sekitar. 

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut