get app
inews
Aa Read Next : 5 Kuliner Solo yang Legendaris dan Terpopuler, Tak Kalah dengan Kuliner Kekinian

Lemet Singkong, Jajanan Jadul yang Eksis hingga Sekarang

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:28 WIB
header img
Lemet Singkong, Jajanan Jadul yang Eksis Hingga Sekarang ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Lemet singkong merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Kue ini memiliki citarasa yang manis dengan harga yang cenderung murah. Jajanan ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Di daerah Madura jajanan ini disebut sebagai Lemet Pohong. Kue tradisional ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan masih hangat. Lemet memiliki tekstur kenyal dan empuk. Dengan perpaduan antara aroma singkong rebus dan manisnya gula merah sebagai isian bisa memberikan sensasi yang tak terlupakan. 

Lemet sekilas mirip dengan lontong tetapi yang membedakan hanya bahan utamanya. Olahan ini dibuat dengan cara menghaluskan singkong dengan cara diparut, setelah itu beri penyedap rasa seperti garam dan campur hingga merata. Setelah itu bungkus dengan daun pisang dan beri isian gula merah di dalamnya. Yang terakhir kukus dengan dilapisi daun pandan. Aroma daun pandan akan menambah citarasa dari jajanan ini. 

Lemet bisa dijadikan sebagai salah satu cemilan diet, sebab bisa dijadikan sebagai pengganti asupan karbohidrat. Sehingga lemet bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. 

Lemet singkong terbagi menjadi 2 macam, yakni lemet singkong manis dengan isian gula merah di dalamnya, dan juga ada lemet singkong dengan rasa gurih yang tidak menggunakan gula merah. Lemet singkong yang gurih sering digunakan sebagai bahan campuran kuliner tahu campur khas Lamongan. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut