get app
inews
Aa Read Next : 4 Pulau Kecil di Indonesia Cocok Dijadikan Destinasi Wisata

Wisata Khayangan Kerinci, Pesona Bukit Berselimut Awan di atas Ketinggian

Senin, 09 Januari 2023 | 12:24 WIB
header img
Wisata Khayangan Kerinci, Pesona Bukit berselimut Awan di atas Ketinggian ( foto : istimewa )

JEMBER,iNewsJember.id - Bukit Khayangan diperuntukkan bagi wisatawan yang tidak terbiasa mendaki gunung tetapi ingin melihat keindahan matahari terbit tepat diatas Gunung Kerinci. Di bukit ini wisatawan bisa dengan leluasa menikmati keindahan pemandangan matahari dan juga Danau Kerinci. 

Bukit ini berada di atas ketinggian sekitar 2.000 meter diatas permukaan laut ( mdpl ), sedangkan Gunung Kerinci hanya memiliki ketinggian sekitar 3.805 mdpl. Bukit ini memiliki ketinggian lebih dari setengah Gunung Kerinci. Jika mengunjungi tempat ini saat pagi hari, bukit ini akan tampak berada di atas awan karena di sekitar Bukit Khayangan diselimuti awan tebal sehingga menutup pemandangan kota dan juga Danau Kerinci begitupun juga saat sore hari. 

Objek wisata Bukit Khayangan tepat berada di Desa Renah Kayu Embun, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Untuk memasuki kawasan Bukit Khayangan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 4.000 untuk orang dewasa, sedangkan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Penamaan bukit ini memiliki dua versi sejarah, yang pertama diyakini sebagai tempat bidadari yang turun dari khayangan. sedangkan yang kedua terkait dengan view alam indah dari atas ketinggian layaknya sebuah khayangan. Adapun berbagai cerita misteri terkait dengan Bukit Khayangan seperti cerita tentang keberadaan Harimau Gaib yang menjadi daya tarik tempat wisata ini.

 Di bukit ini juga sudah disediakan gardu pandang dua tingkat yang bisa digunakan sebagai spot selfie serta ada mushola, toilet, dan beberapa penjual makanan dan minuman. Tempat ini berada tak jauh dari pusat kota Sungai Penuh dengan akses jalan menuju bukit yang sudah bagus dan bisa dikendarai oleh kendaraan roda empat sekalipun. Jika menuju bukit ini, para wisatawan tetap diharuskan berhati-hati karena jalanan tampak berkelok dan menanjak. Apalagi banyaknya warga setempat yang hilir mudik menuju kebun atau pulang dari kebun. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut