get app
inews
Aa Read Next : Pesona Lembah Harau yang Sangat Eksotis

Pesona Pantai Parai Tenggiri yang Eksotis

Jum'at, 06 Januari 2023 | 19:29 WIB
header img
Pesona Pantai Parai Tenggiri yang Eksotis ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini tepat berada di sebelah Pantai Matras.

Dahulu sebelum berganti menjadi Pantai Parai Tenggiri, pantai ini bernama Pantai Hakok. Pantai ini terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Bangka. Lokasi pantai hanya berjarak 43 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Pangkal Pinang, Ibu Kota Bangka. 

Pantai ini disebut Pantai Parai Tenggiri karena dulunya banyak nelayan yang menangkap ikan tenggiri dari pesisir pantai ini. Kini, penampilan Pantai Parai Tenggiri sudah banyak berubah. Tak ada lagi para nelayan yang bisa dilihat di tepian pantai. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah penginapan yang bisa dijadikan sebagai pilihan jika pengunjung masih ingin berlama-lama menikmati Pantai Parai Tenggiri. 

Pantai Parai Tenggiri menawarkan keindahan pasir putih dengan kelembutan yang menyerupai tepung. Ada juga bebatuan granit yang menghiasi pantai ini. Belum lagi air laut yang berwarna biru kehijauan, menambah keindahan Pantai Parai Tenggiri

Untuk masuk ke kawasan pantai, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Jika ingin merasakan kolam renang di wilayah penginapan, pihak pengelola akan mengenakan biaya tambahan. 

Di Pantai Parai Tenggiri, pengunjung bisa mengelilingi pantai, berjemur, atau bermain air. Apalagi ombak di pantai ini masih relatif aman. Jika cuaca sedang mendukung, pengunjung dapat mencoba berbagai wahana permainan air yang disediakan oleh pengelola pantai seperti jetski, banana boat atau parasailing bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang suka bermain wahana air. 

Jika ingin mengadakan acara pribadi, pihak pengelola juga menyediakan berbagai tiket yang dikhususkan untuk acara pribadi. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang indah hanya dengan orang terdekat dan tersayang saja. 

Pantai Parai Tenggiri juga memiliki wisata Rock Island yang terhubung dengan jembatan sepanjang 200 meter. Jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu yang sangat cantik. Saat malam hari, pancaran lampu-lampu ini akan menambah kecantikan di tempat ini. 

Walaupun Rock Island hanya berukuran kecil, tetapi keindahan di dalamnya sangatlah mempesona. Dengan tumpukan bebatuan granit yang dapat didaki, pengunjung akan melihat dengan jelas tepian Pantai Parai Tenggiri yang dikelilingi batu granit di atas pasir putih yang bersih. 

Selesai mendaki bebatuan granit, pengunjung bisa melepas penat di restoran yang terdapat di Rock Island. Restoran ini menawarkan segala menu hidangan laut yang sangat menggoda. Juga Hembusan angin pantai menambah kesan sejuk dan membuat betah berlama-lama menikmati keindahan Pantai Parai Tenggiri.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut