get app
inews
Aa Read Next : Awug, Jajanan Pertanda Panen Telah Usai

Mengenal Asal Mula Kue Pukis, Jajanan Tradisional yang Melegenda

Jum'at, 30 Desember 2022 | 21:23 WIB
header img
Kue Pukis, Jajanan Jadul dari Masa Penjajahan ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Kue pukis merupakan salah satu jenis kudapan dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kue tradisional ini sudah menyebar ke berbagai daerah.

Kue pukis bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional. Jajanan ini bisa ditemukan dari pagi hingga malam hari. Kue pukis terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur, santan, dan ragi. Biasanya kue pukis ini diberi  beberapa toping seperti keju, meses,coklat, kacang, atau irisan daging buah.

Kue pukis berasal dari negeri China. Awal adanya kue ini, adalah saat masyarakat Sampang Kebumen diculik oleh penjajah dan dipaksa bekerja untuk membuat pukis. 

Dulu resep kue ini tak pernah diceritakan kepada siapapun. Tetapi ada seseorang diantara mereka yang mendapatkan bocoran apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan pukis beserta cara pengerjaannya. 

Karena merasa bosan dijajah, salah satu tahanan yang mengetahui resep rahasia ini akhirnya mencoba melarikan diri dan berhasil lolos. Setelah lolos, kemudian ini mencoba membuat kue pukis sendiri dan menjajakannya. Hingga saat ini kue pukis menjadi salah satu jajanan primadona yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kalau dilihat secara sekilas, kue ini merupakan inovasi dari kue waffle. Ditambah sekarang kue pukis sudah dimodifikasi dengan berbagai rasa yang kekinian, seperti rasa greentea, red velvet, maupun taburan keju diatasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut