get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Cemilan Asal Boyolali ini Diyakini Kaya Protein

Selasa, 20 Desember 2022 | 19:41 WIB
header img
Rempeyek Laron Khas Boyolali (foto : istimewa )

JEMBER, iNews.id - Indonesia memiliki hidangan yang sedikit nyeleneh dan menurut beberapa orang menjijikkan. Tapi ternyata hidangan ini memiliki sumber protein yang tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

Cemilan ini bernama Rempeyek Laron. Rempeyek ini berasal dari daerah Boyolali dan sangat disukai oleh masyarakat sekitar. Rempeyek ini menggunakan serangga laron sebagai bahan utamanya. 

Laron banyak muncul saat musim hujan tiba. Laron yang beterbangan di atas dikumpulkan dengan meletakkan air dalam baskom persis di bawah lampu. Lalu setelah itu matikan lampu yang sudah disediakan air.  

Pada zaman dulu, laron digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat yang tinggal di desa. Boyolali merupakan salah satu tempat yang jauh dari laut sehingga untuk mendapatkan protein dari ikan dan hewan laut lainnya sangat susah. Maka sebagai pengganti protein hewani, masyarakat setempat menggunakan serangga laron.

Makanan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Jepang menguras segala sumber daya Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia sulit untuk memperoleh makanan.

Bagi masyarakat yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan ini pasti akan mengatakan jika Rempeyek Laron lezat dan gurih. Tapi bagi orang yang belum terbiasa akan merasa geli dan aneh. 

Laron memiliki gizi yang tinggi untuk tubuh. Laron memiliki kandungan protein, asam amino, vitamin B, asam oleat, asam linoleat, serta lemak baik.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut