get app
inews
Aa Read Next : Kembang Goyang, Jajanan Jadul yang Terinspirasi dari Pengantin Jawa

Clorot, Makanan Tradisional Khas Purworejo yang Mulai Langka

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:17 WIB
header img
Clorot, Makanan Tradisional Khas Purworejo yang Mulai Langka ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Clorot merupakan salah satu kue tradisional khas dari daerah Purworejo, Jawa Tengah. Jajanan ini menggunakan tepung beras, gula merah, dan juga tepung sagu sebagai bahan dasarnya. Setelah adonan jadi, adonan langsung dibungkus menggunakan janur atau kelapa muda. Clorot ini berbentuk kerucut sama seperti es cream. 

Jajanan ini sangat digemari oleh masyarakat Purworejo hingga saat ini. Jajanan ini memiliki tekstur sedikit lengket, dengan citarasa yang manis dan gurih. Membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipi jajanan ini.

Clorot dijual di berbagai pasar tradisional Purworejo. Biasanya dijual dalam bentuk satu ikatan yang berjumlah 10 biji. Dalam satu ikat clorot dibanderol dengan harga Rp 10.000 saja. 

Cara makan clorot tergolong unik, yakni dengan menekan bagian bawah kerucut sehingga clorot keluar dengan sendirinya.  Meski sering ditemukan dipasar tradisional, eksistensi kuliner ini perlahan memudar. Kuliner satu ini kalah saing dengan berbagai kuliner jaman sekarang. Sehingga penjual clorot semakin sedikit.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut