get app
inews
Aa Read Next : Selain Bisa Sebagai Hiburan, Inilah 3 Manfaat Berkuda Bagi Kesehatan

Hanya Lakukan 6 Cara ini, Berat Badan Bisa Turun Drastis

Sabtu, 17 Desember 2022 | 21:17 WIB
header img
Olahraga bisa menurunkan berat badan tubuh (foto: istimewa)

JEMBER,iNews.id - Semua orang pasti sangat ingin memiliki berat serta bentuk tubuh yang ideal. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badannya. Tetapi selama dilakukan secara bertahap dan konsisten, cara-cara diet atau menurunkan berat badan tidak akan menyiksa tubuh.

Daripada menjalani diet yang ketat dan menyiksa, lebih baik belajar mencoba menurunkan berat badan secara alami. Hanya saja, jika menjalani diet ini, perlu adanya komitmen serta kedisiplinan dalam menjaga pola makan, agar berat badan lebih cepat turun.

Dibawah ini ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba : 

1. Minum air sebelum makan

Dari sebuah penelitian, minum air putih sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Karena dengan minum air putih bisa cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang

2. Jangan lupa sarapan

Dengan menerapkan sarapan pagi secara rutin dapat membuat keinginan untuk mengkonsumsi makanan atau cemilan saat jam makan siang bisa berkurang. Akibatnya keinginan untuk makan makanan yang kurang sehat terhalang. Karena makanan yang tidak sehat bisa meningkatkan berat badan pada tubuh.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Jika sedang menjalani program diet diharuskan makan makanan yang mengandung tinggi serat dan protein. Makanan dengan tinggi serat bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanan berserat bisa berupa sayur, buah, makanan dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

Sedangkan makanan yang berprotein tinggi bisa berupa putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju. Makanan dengan protein tinggi bisa membantu tubuh untuk membakar lemak menjadi sumber energi.

4. Makan dalam porsi kecil

Menurut sebuah penelitian, makan menggunakan mangkuk atau piring kecil bisa membuat tubuh terbiasa dengan porsi yang sedikit. Dengan  begitu kalori yang masuk kedalam tubuh bisa berkurang. Meskipun makan menggunakan porsi kecil, harus dilakukan sesering mungkin, yakni 4-5 kali dalam sehari. 

5. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan, waktu tidur yang cukup juga sangat diperlukan. Sebab jika kurangnya waktu tidur bisa membuat tubuh harus memproduksi hormon ghrelin lebih banyak. Hormon ini dapat merangsang nafsu makan di dalam tubuh meningkat. Akibatnya tubuh akan merasa cepat lapar dan proses penurunan berat badan menjadi berantakan.

6. Olahraga yang rutin

Pastinya jika ingin menurunkan berat badan harus dibantu dengan olahraga yang rutin. Olahraga ini bisa membakar kelebihan kalori yang ada dalam tubuh. Olahraga sangat dianjurkan saat menjalani diet. 

Nah di atas merupakan enam cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Jangan mudah tergoda dengan berbagai obat diet yang bisa menurunkan berat badan secara cepat karena itu bisa beresiko terhadap kesehatan dalam jangka waktu panjang. Lebih baik menerapkan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur. Semoga ulasan di atas bisa membantu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut