get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

5 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh!

Selasa, 21 Februari 2023 | 11:27 WIB
header img
5 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh! ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan murah. Apalagi, berjalan kaki termasuk kedalam olahraga kardio yang bisa dilakukan dimana saja.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki secara rutin selama 30 menit bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh.Apa saja ?

1. Menguatkan sendi dan tulang

Manfaat selanjutnya dari berjalan kaki adalah mampu menguatkan kekuatan sendi serta mencegah terjadinya penurunan massa pada tulang. Dengan rutin berjalan kaki, resiko terkena gejala nyeri pada tulang dan persendian bisa berkurang. 

2. Menyehatkan organ jantung

Berjalan kaki bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan jantung. Dengan berjalan kaki, denyut jantung serta sirkulasi di darah didalam tubuh bisa meningkat. Olahraga ini juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol didalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya berjalan kaki bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan seseorang. Hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari sudah mampu menurunkan serta mengontrol berat badan di dalam tubuh. Berjalan kaki bisa membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori di dalam tubuh. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berjalan kaki secara rutin ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Tak hanya itu saja, berjalan kaki juga bisa membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Memperbaiki Suasana Hati dan Kualitas Tidur

Hanya dengan berjalan kaki ternyata bisa meningkatkan efek melatonin atau bisa disebut hormon tidur yang akan membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang. Tak hanya itu saja, berjalan kaki juga bisa membantu tubuh mengurangi stres hingga meningkatkan suasana hati seseorang. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut