get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

4 Jenis Diet yang Sering Diterapkan oleh Masyarakat

Selasa, 21 Februari 2023 | 10:09 WIB
header img
4 Jenis Diet yang Sering Diterapkan oleh Masyarakat ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Ada banyak sekali macam-macam diet yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tujuan diet pada umumnya hanya membatasi asupan makanan sehingga tubuh bisa menjadi lebih bugar. 

Terkadang ada beberapa bahan makanan yang memang harus dihindari sehingga diet vegetarian pun menjadi pilihannya. Diet vegetarian adalah salah satu pola makan yang biasanya hanya mengkonsumsi sayur, buah, dan protein nabati saja. 

Diet vegetarian berkaitan dengan kondisi kesehatan pribadi, kepercayaan atau budaya dan juga isu lingkungan. Jenis diet vegetarian sebenarnya ada berbagai macam, ada yang full bersumber dari sayur, buah, dan protein nabati. Ada juga yang masih mengkonsumsi produk hewani

Dibawah ini ada berbagai jenis-jenis vegetarian yang sering diterapkan oleh masyarakat. 

1. Diet Vegetarian Lacto

Diet vegetarian lacto ini masih memperbolehkan mengkonsumsi susu dan produk olahannya seperti mentega, keju, yogurt, krim, dan juga es krim. Namun diet ini selalu menghindari mengkonsumsi jenis daging seperti sapi, babi, ayam, dan juga ikan. Tak hanya itu saja, pelaku diet ini juga tidak mengkonsumsi segala jenis telur. Oleh karena itu, orang yang mengikuti diet ini hanya mengkonsumsi sayur, buah, protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan segala jenis susu serta produk olahannya. 

2. Diet Vegetarian Ovo

Selanjutnya ada vegetarian ovo dimana diet ini tidak mengkonsumsi segala produk olahan susu dan daging di dalam daftar makanannya. Akan tetapi, diet vegetarian ini masih memperbolehkan mengkonsumsi telur. Sumber protein dalam diet vegetarian ini sudah terjamin, yakni ada tahu, tempe, kacang, dan segala jenis telur. 

3. Diet Pescatarian

Diet ini berasal dari bahasa Italia yakni “ pesce “ yang berarti ikan. Artinya, selain mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan diet ini juga memperbolehkan untuk mengkonsumsi segala jenis ikan. Orang yang menjalani diet pescatarian tetap harus menghindari mengkonsumsi segala jenis daging seperti daging sapi, ayam atau bahkan babi. Namun, mengkonsumsi daging ikan masih diperbolehkan. Mengkonsumsi ikan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebab ikan memiliki asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. 

4. Diet Vegan

Jenis diet vegetarian ini tidak mengkonsumsi semua produk yang berasal dari hewan, termasuk daging, ikan, produk sapi bahkan telur. Beberapa orang yang menjalani diet ini juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu karena diproduksi oleh hewan lebah. Diet vegan sendiri hanya memperbolehkan mengkonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, dan juga tempe. 

Para penganut diet vegan juga menghindari segala jenis produk seperti kosmetik, pakaian atau bahkan sepatu yang terbuat atau diujicobakan pada hewan. Meski bermanfaat untuk diri sendiri, diet vegan juga sangat beresiko untuk diri sendiri sebab bisa menyebabkan tubuh tidak bisa memiliki asupan nutrisi yang cukup. Para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin b12, zat besi, omega-3, zinc, dan berbagai jenis lainnya yang biasanya banyak di dapat dari segala produk hewani. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut