get app
inews
Aa Read Next : Es Campur Pa Oyen, Minuman Tradisional Pelepas Dahaga

Es Goyobod asal Sunda yang Menggugah Selera

Kamis, 08 Desember 2022 | 17:11 WIB
header img
Es Goyobod, minuman khas Sunda (foto :Istimewa)

JEMBER,iNews.id - Minuman khas dari tanah sunda kali ini berasal dari berbagai isian mulai dari potongan roti tawar, pacar cina, tape singkong, dan bahan pelengkap lainnya. Nama minuman ini adalah es Goyobod.

Sajian es Goyobod sangat cocok jika disajikan saat siang hari atau sebagai minuman berbuka puasa. Dengan perpaduan rasa manis, gurih, dan asam dari tape sangat menyegarkan tenggorokan. 

Es Goyobod berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Biasanya disajikan di atas gelas besar atau mangkok kecil. Dengan berbagai toping diatasnya. Minuman ini menggunakan kuah santan dan susu kental manis, sehingga menghasilkan citarasa sedikit gurih.

Saat bulan Ramadhan es goyobod menjadi salah satu takjil yang diburu masyarakat, khususnya orang Sunda. Antrean pembeli bisa sangat panjang.

Mengutip dari CNNIndonesia, banyak versi dalam sejarah asal mula es goyobod ini. Salah satunya adalah es goyobod adalah hidangan minuman saat masa penjajahan Belanda di Nusantara.Beberapa sumber percaya bahwa es goyobod berasal dari bahasa belanda yang berarti “ basah “

Sedangkan menurut kamus Bahasa Sunda Goyobod berarti minuman yang terbuat dari tepung kanji diiris persegi. dengan campuran sirup dan gula merah. 

Beberapa orang juga percaya bahwa es goyobod lahir karena adanya pengaruh dari budaya Tionghoa yang menggunakan tepung hunkwe sebagai salah satu bahan utamanya.

Tepung hunkwe ini merupakan tepung yang berasal dari sari pati kacang hijau.berwarna putih dengan tekstur yang sedikit kasar daripada tepung terigu. Saat dijadikan adonan, tepung ini akan menghasilkan adonan yang sangat kenyal sebagai isian dari es goyobod ini.


 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut