Penting! Inilah 5 Jenis Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol

Kevi Laras / Intan Eka
Penting! Inilah 5 Jenis Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Kolesterol di dalam tubuh bisa menjadi naik atau bahkan turun tergantung pola makan seseorang. Mengkonsumsi makanan secara sembarangan bisa memicu terjadinya peningkatan kadar kolesterol. 

Ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Apa saja ? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa flavonoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Jeruk nipis bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit serangan jantung. Selain jeruk nipis, kandungan flavonoid juga terdapat di kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, bawang merah dan juga bawang bombay. 

2. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air, selain itu buah ini memiliki citarasa yang sangat manis. Semangka bisa digunakan sebagai penghilang dahaga saat kepanasan. Kandungan didalam buah semangka juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Buah ini juga mengandung likopen yang sama dengan tomat. Zat likopen bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. 

3. Apel

Apel cenderung memiliki rasa yang sedikit masam, meski begitu buah ini bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebab apel memiliki kandungan yang bisa mencegah peredaran darah arteri menjadi keras. Buah ini juga bisa melindungi tubuh dari penyakit stroke dan serangan jantung. Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa dibuat menjadi cuka. Jika rutin mengkonsumsi cuka apel, kadar kolesterol baik di dalam tubuh akan bertambah. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis. 

4. Ceri

Meski mungil, buah ceri sangat berperan dalam mencegah serta mengatasi asam urat di dalam tubuh. Warna ceri yang merah tua berasal dari senyawa alami yang disebut anthocyanin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan serta anti-inflamasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika mengkonsumsi ceri sesuai takaran bisa membantu tubuh mengatasi kadar asam urat, serta bisa mengurangi peradangan dan menurunkan resiko terkena kolesterol tinggi. 

5. Alpukat

Alpukat dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol, sebab buah ini mengandung lemak sehat yang sangat tinggi. Lemak sehat ini bisa berguna sebagai antioksidan alami untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol jahat. Alpukat juga memiliki kandungan serat serta omega-9 yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini bisa membantu tubuh menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network