5 Cara Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Apa Saja ?

Dyah Ratna Meta Novia / Intan Eka
5 Cara Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Apa Saja ? ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung hingga stroke. Sebab kolesterol yang tinggi bisa menjadi “ racun ‘ yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

Tubuh yang memiliki kadar kolesterol yang berlebihan sangat rentan mengalami risiko berbagai penyakit mematikan. Oleh karena itu, agar kadar kolesterol tidak semakin meningkat sebaiknya lakukan beberapa cara dibawah ini. Apa saja ?

1. Perbanyak Asupan Omega-3

Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang berguna bagi kesehatan jantung serta mampu menstabilkan kadar kolesterol secara alami di dalam tubuh. Omega-3 juga banyak ditemukan di berbagai bahan makanan seperti terdapat di dalam ikan salmon, ikan kembung, tuna laut dalam. kerang, dan juga udang, Tak hanya itu saja, Omega-3 juga bisa ditemukan di berbagai jenis biji-bijian dan juga kacang-kacangan. 

2. Kurangi Mengkonsumsi Pizza dan Popcorn

Sebaiknya hindari mengkonsumsi pizza dan popcorn secara berlebihan. Karena kedua makanan ini mengandung lemak trans yang tidak sehat untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan juga lemak jenuh secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Kelebihan lemak trans juga bisa menyebabkan kematian. 

3. Perbanyak Konsumsi Makanan dengan Serat Larut

Serat larut dipercaya bisa membantu bakteri baik di dalam usu. Dengan rutin mengkonsumsi serat larut, maka sistem pencernaan di dalam usus bisa berjalan dengan baik. Dalam beberapa penelitian, bakteri baik yang ada di dalam usus sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Sumber serat larut terbaik terkandung di dalam sereal gandum, kacang, kubis Brussel, buah-buahan, kacang polong, dan juga biji rami. 

4. Rajin Mengkonsumsi Apel, Alpukat, Tomat, Jeruk Nipis, dan Semangka

Untuk mencegah kadar kolesterol jahat semakin tinggi, disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah apel, alpukat, tomat, jeruk nipis, dan juga semangka. Sebab kandungan serat yang ada di dalam buah-buahan tersebut sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

5. Fokus Pada Lemak Tak Jenuh Tunggal

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang hanya berfokus pada lemak tak jenuh tungga dipercaya bisa membantu menurunkan kadar lemak jahat ( LDL ) dan meningkatkan kadar lemak baik ( HDL ) di dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, yaitu minyak zaitun, kacang almond, minyak canola, kacang mete, selai kacang, alpukat, dan juga buah zaitun.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network