Tak Hanya Terkenal Akan Mitosnya, Inilah 3 Pantai Selatan yang Memukau

Novie Fauziah / Intan Eka
Pelabuhan Ratu ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai-pantai yang berada di kawasan selatan sangat terkenal dengan keindahannya yang sangat memukau. Kawasan ini selalu diselimuti oleh cerita-cerita mitos yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

3 Pantai Selatan yang Memukau

Bahkan saat liburan tiba, pantai-pantai ini kerap kali diserbu wisatawan dari berbagai daerah, ada pula wisatawan yang berasal dari mancanegara. Berikut ada beberapa pantai selatan yang bisa dikunjungi saat masa liburan tiba. 

1. Pantai Plengkung 

Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini juga terkenal dengan sebutan G-Land. Meski terletak di kawasan Alas Purwo yang terkenal dengan mitosnya, pantai ini kerap kali dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan, khususnya bagi para peselancar. 

Pantai Plengkung merupakan surga bagi para peselancar. Pantai tersebut juga telah ditetapkan sebagai salah satu pantai selancar terbaik di dunia. Ombak di Pantai Plengkung bisa menggulung hingga tujuh gulungan dengan tinggi ombak sekitar 6 meter. Oleh sebab itu, pantai ini juga dijuluki sebagai "Seven Giant Waves Wonder". 

Bila tak bisa berselancar, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Plengkung yang sangat memukau. Di pantai ini terdapat pasir putih yang sangat halus, yang sangat kontras dengan warna air laut yang biru dan nampak luas. Pantai Plengkung juga memiliki bebatuan karang dengan konfigurasi yang sangat unik serta di sekitar kawasan pantai terdapat banyak sekali pepohonan hijau yang sangat rimbun. Keindahan inilah yang menjadikan G-Land menjadi kawasan destinasi wisata yang eksotis. 

2. Pantai Menganti 

Jika berkunjung ke daerah Kebumen, Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk mampir sejenak di kawasan Pantai Menganti. Pantai selatan ini terkenal akan keindahan dan pemandangan alam yang hampir serupa dengan kawasan Uluwatu, Bali. 

Pantai Menganti memiliki hamparan pasir pantai putih yang sangat luas dan dipadukan dengan tebing karst yang sangat indah. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan bisa menghirup udara segar serta menikmati pemandangan perbukitan hijau yang berada di kawasan ini. Saat di Pantai Menganti, wisatawan bisa melepas penat setelah bermacet-macetan di perjalanan. Dengan menikmati keindahan Pantai Menganti perasaan lelah akan terobati. 

3. Pelabuhan Ratu 

Wisata pantai selatan selanjutnya ada Pelabuhan Ratu. Kawasan ini berada di jalur Sukabumi, Jawa Barat. Jika melewati jalur ini tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Pantai Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu memiliki sederet pantai unik yang terletak di kawasan pantai selatan, yakni mulai dari Pantai Citepus, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja hingga Pantai Karang Hawu. 

Pantai ini dikenal dengan nama Pelabuhan Ratu, sebab kawasan ini dipercaya sebagai tempat berlabuhnya sang penguasa pantai selatan, yakni Nyi Roro Kidul. Bahkan di Samudera Beach Hotel terdapat kamar hotel nomor 308 tak boleh ditempati. Konon kamar ini telah dikeramatkan, serta di dalam kamar terdapat banyak sekali lukisan dan barang-barang milik ratu pantai selatan ini. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network