get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Seekor Hiu Besar Mati Terdampar di Pantai Selatan Jember

Minggu, 22 September 2024 | 18:38 WIB
header img
Ikan Hiu Tutul Terdampar di Pantai Selatan Puger. (Foto: Istimewa)

JEMBER,iNewsJember.id - Seekor ikan hiu tutul raksasa terdampar di pesisir pantai Getem, Desa Mujosari, Kecamatan Puger dalam kondisi mati. Ikan hiu tersebut ditemukan seorang warga saat hendak memancing, Sabtu (21/09/24).

"Ditemukan oleh warga yang sedang memancing pada Sabtu 21 September malam dalam kondisi sekarat di Pantai Getem Desa Mojosari Kecamatan Puger," terang Aipda Agus Riyanto Kaur Bin Opsnal (KBO) Satuan Polisi Perairan (Satpolair), Minggu (22/09/24).

Warga yang menemukan hiu tersebut kemudian melaporkan kepada petugas terkait. Ikan hiu tutul besar itu termasuk salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 18 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus, sehingga harus dijaga kelestariannya.

Apabila ikan hiu tersebut terdampar dalam kondisi hidup maka harus dikembalikan ke habitat di laut, dan apabila terdampar di pantai dalam keadaan mati maka harus dikubur.

"Kami dibantu relawan Brandal Alas dan relawan Barat Daya berusaha untuk mengembalikan hiu paus yang sekarat itu ke perairan, namun ombak cukup besar dan hiu tersebut kembali menepi dan tidak bisa terselamatkan, sehingga hiu paus tutul itu mati," ucapnya.

"Kemungkinan hiu paus itu akan dikubur di sekitar pantai karena kondisinya sudah mati, dan kami akan mengamankan bangkai hiu itu sambil menunggu koordinasi dengan pihak BKSDA dan DKP," tandasnya.

Editor : Eko Riswanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut