Goa Sunyaragi, Peninggalan Kesultanan Cirebon yang Instagramable

Intan Eka
Goa Sunyaragi, Peninggalan Kesultanan Cirebon yang Instagramable ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Cirebon terkenal sebagai daerah yang memiliki spot wisata sejarah yang sangat melimpah. Salah satunya adalah Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon, yakni sebuah peninggalan dari masa Kesultanan Cirebon yang hingga kini masih berdiri dengan tegak. 

Meski termasuk salah satu destinasi sejarah, namun Goa Sunyaragi Cirebon juga cocok digunakan sebagai destinasi wisata bersama keluarga saat libur tiba. Goa Sunyaragi Cirebon ini sangat berbeda dengan gua lainnya, sebab goa ini tidak berada di dalam tanah melainkan berada di atas permukaan tanah. Goa Sunyaragi masih berada di kawasan komplek Keraton Pakungwati. Bentuknya sangat mirip dengan bangunan kuno berbatu. Goa ini juga memiliki beberapa ruangan yang sedikit hancur. 

Nama goa ini berasal dari bahasa Sansekerta, yakni “ sunya “ yang berarti sepi dan “ ragi “ berarti raga. Dulu Goa Sunyaragi Cirebon adalah tempat meditasi para Sultan Cirebon dan juga keluarganya. Goa ini dikelilingi oleh danau yakni Danau Jati yang kini sudah mengering. 

Goa ini memiliki dua bangunan yang memiliki fungsi masing-masing sama persis dengan rumah zaman kerajaan. Goa Sunyaragi memiliki mitos yang terkenal hingga saat ini. Konon, jika ada gadis perawan menyentuh patung batu yang bernama Perawan Sunti, ia akan sulit mendapatkan jodoh atau bahkan tak akan pernah menikah seumur hidup. 

Namun jika tak sengaja menyentuh patung ini, ada hal yang bisa dilakukan untuk menangkalnya, yakni dengan berjalan ke dalam Goa Kelanggengan yang dipercaya bisa melanggengkan sesuatu termasuk dalam urusan jodoh. 

Bangunan Goa Sunyaragi Cirebon memang termasuk goa tua dan beberapa bagian sudah ada yang hancur. Tetapi destinasi ini sangatlah instagramable. Wisatawan bisa berfoto dengan bangunan tua tersebut yang  ditumbuhi rerumputan hijau terawat. 

Wisatawan bisa menyusup ke beberapa ruangan dan berfoto di sana. Bentuk bangunannya sangat unik dan benar-benar mengubah ekspektasi wisatawan. Luas destinasi ini sekitar 15 hektar, jadi wisatawan tak perlu khawatir kehabisan spot foto selama menjelajahi destinasi ini. 

Saat ini pun sudah ada berbagai destinasi baru yang pastinya sangat seru, seperti Balon Terbang, Ayunan Terbang, Sepeda Terbang, dan juga Panahan. Keempat destinasi ini berlatar belakang keindahan Gua Sunyaragi yang sangat menawan. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini cukup terjangkau, yakni hanya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network