get app
inews
Aa Read Next : Tak Hanya Cantik, 3 Artis Kelahiran Garut Ini Juga Multitalenta, Siapa Saja ?

Disebut Es Doger, Karena ini!

Jum'at, 13 Januari 2023 | 16:48 WIB
header img
Disebut Es Doger, Karena ini! ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Es Doger merupakan salah satu minuman yang berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Minuman ini biasanya diisi dengan ketan hitam, alpukat, kelapa, nangka, dan beberapa sobekan roti tawar. Kemudian di atas es doger diberi serutan es batu yang sebelumnya telah diberi campuran sirup merah dan juga susu. 

Es Doger merupakan kepanjangan dari kata Es Dorong Gerobak. Karena saat itu Es Doger disajikan saat cuaca sedang panas untuk melegakan dahaga. Dulu es doger sangat susah untuk didapatkan, tetapi kini es doger makin dikenal oleh masyarakat luas. 

Kini es doger banyak disajikan sebagai salah satu menu hidangan es dalam berbagai acara penting, seperti acara pernikahan dan khitanan. Sebagian masyarakat mengenal minuman ini berasal dari warga Cirebon. Padahal minuman ini telah lama digunakan oleh masyarakat Betawi untuk  dijadikan hidangan acara-acara tertentu. Minuman dingin ini merupakan minuman yang terbuat dari kelapa. Kelapa muda diserut, kemudian ditambah dengan susu, tape dan bahan-bahan lainnya. 

Dulunya, minuman ini dijual dengan cara dipikul. Proses penjualan ini cukup memakan banyak waktu sehingga dianggap kurang efektif. Akhirnya, muncullah sebuah ide menjual minuman ini dengan menggunakan gerobak.

Gerobaknya akan didorong untuk menarik minat pembeli. Hingga kini, minuman dingin tersebut dikenal dengan nama es doger atau es dorong gerobak. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut