Tak Hanya Memukau, Gunung Rinjani Juga Menyimpan 5 Mitos Ini!

Intan Eka
Tak Hanya Memukau, Gunung Rinjani Juga Menyimpan 5 Mitos Ini! ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang menduduki urutan ketiga. Tak heran jika gunung ini menjadi incaran para pendaki, baik pendaki domestik maupun mancanegara. 

Gunung Rinjani memiliki ketinggian yang mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga memiliki pemandangan yang sangat mempesona, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Gunung rinjani juga memiliki pemandangan Danau Segara Anak yang sangat unik karena terletak di tengah-tengah kaldera Rinjani. Pemandangan ini belum tentu ada di gunung lainnya. Selain danau juga ada gua dan sumber mata air panas yang bisa dinikmati para pendaki. 

Disisi lain, Gunung Rinjani banyak menyimpan misteri yang berkaitan dengan hal-hal supranatural. Tak heran jika banyak mitos yang menyelimuti Gunung Rinjani. Salah satu mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat adalah Gunung Rinjani merupakan sumber kekuatan dan juga inspirasi bagi masyarakat Lombok. Karena itulah masyarakat setempat sangat menjaga Gunung Rinjani agar tetap lestari.  

Dibawah ini ada beberapa mitos tentang Gunung Rinjani yang dipercaya hingga kini. 

1. Mitos Keindahan Danau Segara Anak

Tak hanya memiliki keindahan pemandangan di puncak saja, Gunung Rinjani juga mempunyai Danau Segara Anak yang sangat populer. Konon danau ini banyak menyimpan kekuatan dan juga misteri yang sangat unik. Danau Segara Anak dipercaya bisa memberikan satu peringatan agar wisatawan bisa memanfaatkan waktu dengan baik. 

Masyarakat juga percaya setelah meninggalkan Danau Segara Anak, wisatawan bisa memiliki sebuah semangat baru. Berbagai acara adat masyarakat juga sering dilakukan di Danau Segara Anak. Danau ini juga dipercaya sebagai kediaman tokoh legenda atau pewayangan Dewi Anjani, ibunda kera putih Hanoman yang memiliki kekuasaan di seluruh Gunung Rinjani. 

2. Sosok Dewi Anjani, Penguasa Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ini dipercaya mempunyai sosok penguasa yang sangat cantik yaitu Dewi Anjani. Sosok ini dipercaya sebagai ratu jin yang menjaga Gunung Rinjani. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tak diizinkan oleh ayahnya untuk menikah dengan pria pilihannya sendiri. Oleh karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Dan hingga saat ini, Dewi Anjani dikenal sebagai Penguasa dunia gaib Gunung Rinjani. 

3. Mitos Larangan Berkeluh Kesah dan Memikirkan Hal Negatif

Disepanjang perjalanan, para pendaki dilarang berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif. Konon, musibah akan menimpa pendaki jika sering berpikiran buruk. Selama di alam yang masih terjaga, pendaki disarankan untuk tetap berpikiran positif dan jangan mudah mengeluh. 

4. Aik Kalak, Tempat Pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana

Air Kalak dalam bahasa setempat diartikan sebagai air panas. Sumber mata air panas ini sangat cocok dijadikan tempat istirahat bagi para pendaki. Bagi masyarakat Gumi Sasak ( Lombok ) tempat ini dipercaya sebagai tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana yang merupakan salah satu tokoh utama dalam pewayangan Lombok. 

5. Goa Susu sebagai Tempat Menyempurnakan Ilmu Spiritual

Tak hanya danau dan sumber mata air saja, Gunung Rinjani juga memiliki goa dengan mitos yang sangat unik, goa ini bernama Goa Susu. Di Goa Susu, hanya orang yang memiliki hati bersih yang bisa bertapa dan menyempurnakan ilmu spiritualnya saja. Jika ingin menyempurnakan ilmu spiritual untuk kepentingan jahat, orang tersebut akan langsung mati di dalam goa. Keunikan ini sangat dijaga oleh masyarakat setempat dan masyarakat juga menggantungkan kain-kain putih untuk menjaga keasrian Goa Susu. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network