Keindahan Air Terjun Benang Kelambu Bak Tirai Air yang Menawan

Intan Eka
Keindahan Air Terjun Benang Kelambu Bak Tirai Air yang Menawan ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pulau Lombok tak hanya menyajikan deretan pantai yang eksotis. Ternyata di bagian utara pulau ini terdapat air terjun yang sangat indah. Air terjun yang kerap kali didatangi oleh wisatawan ini dikenal dengan nama Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini bersumber dari kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan akhirnya tumpah tepat di bagian utara yakni di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Ada dua air terjun yang bisa dikunjungi di sana, yaitu Air Terjun Benang Kelambu dan juga Air Terjun Benang Stokel. 

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan akan melewati kawasan hutan yang sebagian telah dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh masyarakat setempat. Posisi gerbang masuk menuju lokasi ini berada di lahan yang tinggi, sehingga wisatawan harus menuruni beratus-ratus anak anak tangga untuk menuju air terjun. Dari gerbang masuk ke Benang Kelambu, wisatawan harus melalui jalan yang berkerikil. Sebagian juga ada yang sudah di beton. Jalan menuju lokasi ini cukup lebar yakni sekitar 2 meter saja. Wisatawan akan melewati jalan yang membelah perkebunan warga yang mengelola kawasan hutan disana. Untuk sampai di lokasi air terjun diperlukan waktu sekitar 20 menit. 

Jika tak ingin berjalan terlalu lama, wisatawan bisa menggunakan motor dan parkir di pos pemberhentian. Namun jika wisatawan menggunakan mobil bisa memarkir di area sebelum pintu masuk yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata. 

Untuk biaya parkir, wisatawan hanya cukup membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya tiket masuk hanya membayar Rp 5.000 per orang saja. Di lokasi ini juga telah disediakan transportasi ojek untuk menuju lokasi air terjun Benang Kelambu. 

Setelah menempuh jalan tanah dan kerikil, wisatawan bisa mulai berjalan menuruni anak tangga yang berjejer rapi. Ratusan anak tangga ini mengular dengan pemandangan hutan yang sangat menakjubkan. 

Jika sudah mendekati lokasi, suara rintik air terjun sudah mulai terdengar. Hawa dingin dan sejuk akan terasa. Dari kejauhan pemandangan air terjun pun sudah bisa terlihat jika sudah menempuh setengah perjalanan. Air terjun yang tampak tumpah dari sela rerimbunan semak terlihat bagaikan tirai atau benang kelambu. Tak heran jika air terjung ini diberi nama Benang Kelambu. Apalagi air yang tumpah sangat lembut dan tipis-tipis. 

Air terjun ini terlihat bertingkat dengan beberapa titik sumber air. Yang menarik, air terjun ini mengalir dari semak tumbuhan yang merambat di atas tebing bukit, tampak seperti tirai air. Air yang terus mengalir ke dalam kolam membuat air meluber keluar dari bibir kolam dan jatuh lagi menuju batuan di bawahnya sehingga terlihat seperti air terjun baru. Titik ini sangat indah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. 

Air terjun Benang Kelambu berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok hanya berjarak sekitar kurang lebih 55 kilometer atau bisa ditempuh sekitar 1 jam dari jalur by pass.

Di lokasi ini juga terdapat jalan setapak yang bisa dilewati wisatawan tepat dibalik tirai air yang tumpah, sehingga wisatawan tak kesulitan untuk menikmati secara langsung segarnya air dari titik satu ke titik yang lain dari sumber tumpahan yang berbeda. Jika wisatawan tak puas mandi dengan tumpahan air yang tipis, disana juga telah disediakan kolam penampungan air yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar membenamkan diri di dalamnya. Tampungan air terbagi menjadi dua yakni tampungan air untuk orang dewasa dan juga tampungan air untuk anak kecil. Tak hanya itu saja, di sela kola terdapat jalur air jernih yang mengalir menuju titik pancoran. Air terjun yang jatuh di atas tebing bebatuan akan merambat melalui celah-celah batu dan semak menuju aliran sungai. Warga setempat sengaja membendung aliran air dengan membuat kolam tampungan yang bisa digunakan untuk berenang. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network