5 Tips Mencegah Penyakit Diabetes Agar tidak Semakin Parah

Intan Eka
Penyakit Diabetes ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan tetapi bukan berarti tidak bisa ditangani. 

Saat mengalami diabetes, tubuh penderita tidak mampu memproduksi insulin, yakni hormon pengatur gula darah. Orang yang terkena diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi sehingga bisa memicu komplikasi lain. Untuk mengatasi penyakit diabetes hanya perlu menerapkan gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga. 

Dibawah ini ada beberapa cara praktis untuk mencegah diabetes

1. Rutin Memeriksa Gula Darah

Jika memiliki riwayat penyakit diabetes, pemeriksaan gula darah memang harus dilakukan secara rutin. Kini, diapotik sudah tersedia alat untuk memeriksa gula darah yang bernama glukometer. Dengan melakukan pemeriksaan ini, penderita bisa mengetahui kadar gula darah.

2. Olahraga Teratur

Penderita diabetes diwajibkan melakukan kegiatan olahraga setidaknya 30 menit sehari. Tak hanya penderita diabetes saja, olahraga juga harus tetap dilakukan saat dalam kondisi sehat. Penderita diabetes bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Jenis olahraga yang disarankan untuk penderita diabetes adalah meditasi, yoga, hingga latihan pernafasan.

3. Selektif Memilih Makanan

Penderita diabetes diharuskan menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Penderita penyakit ini, bisa mengganti beras putih dengan beras merah yang memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah. Juga penderita harus menghindari makanan yang digoreng serta mengandung kadar kolesterol yang tinggi. 

4. Air Putih sebagai Minuman Utama

Dengan menjadikan air putih sebagai minuman utama akan membantu tubuh mengurangi asupan gula harian. Penderita diabetes diharuskan untuk meningkatkan asupan air putih karena bisa membantu tubuh untuk mengatur gula darah serta dapat meningkatkan pembentukan insulin lebih banyak.

5. Mengoptimalkan Kadar Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit diabetes. Vitamin ini akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga bisa mengurangi resiko resistensi insulin. Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan berlemak dan minyak ikan cod. Selain itu paparan sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh. 

Kelima ulasan diatas bisa diterapkan untuk mengoptimalkan tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes. Atau juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes semakin parah.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network