4 Sayuran yang Efektif Turunkan Gula Darah

Muhammad Sukardi / Intan Eka
4 Sayuran yang Efektif Turunkan Gula Darah ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi setiap hari. Para penderita diabetes disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi gula karena bisa memperburuk kondisi kesehatannya. 

Tapi gula tetap dibutuhkan oleh penderita diabetes sebagai penyeimbang kesehatan tubuh. Meski begitu, penderita diabetes tetap harus memastikan kadar gula yang akan dikonsumsi, agar kandungan gula di dalam tubuh bisa terjaga dengan baik. 

Ada beberapa sayuran yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan gula yang sangat rendah, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Berikut ada beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

1. Labu

Labu merupakan sayuran berwarna orange cerah yang kaya akan serat. Labu dianggap sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes. Sebab labu kaya akan kandungan karbohidrat yang disebut polisakarida. Kandungan ini telah terbukti bisa mengatur kadar gula di dalam darah. Sebuah studi membuktikan bahwa labu bisa menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Orang Meksiko dan Iran sering menggunakan labu sebagai obat alami untuk mengatasi diabetes. 

2. Okra 

Okra termasuk sayuran yang memiliki senyawa penurun gula darah seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid. Di negara Turki, biji sayuran okra telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes. Karena biji okra memiliki sifat penurun gula darah yang sangat kuat. Tak hanya itu saja okra juga mengandung isoquercitrin 3-O-gentiobioside yang bisa mengurangi kandungan gula di dalam darah dengan menghambat enzim tertentu. 

3. Brokoli 

Brokoli memiliki zat aktif yang bernama  sulforaphane. Studi menunjukkan bahwa ekstrak brokoli kaya akan kandungan sulforaphane yang memiliki sifat antidiabetes yang sangat kuat. Zat sulforaphane juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi gula darah, serta penanda stres oksidatif. 

4. Kimchi 

Kimchi merupakan makanan khas Korea berupa asinan sayuran, kebanyakan masyarakat Korea membuat kimchi menggunakan sawi putih. Kimchi dipercaya mampu menurunkan kadar gula didalam darah karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu kimchi juga mengandung probiotik hingga mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network