4 Rekomendasi Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Diabetes

Pradita Ananda / Intan Eka
4 Rekomendasi Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Diabetes ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Diabetes merupakan sumber dari berbagai penyakit, jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik bisa berkembang menjadi penyakit kronis lainnya. Pengidap diabetes biasanya lebih rentan terkena penyakit ginjal, penurunan daya penglihatan, katarak, serta penyakit kronis lainnya. 

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, pola makan teratur, dan olahraga merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah diabetes ini. Para pengidap diabetes akan memanfaatkan beberapa bumbu dapur seperti rempah-rempah alami untuk mengatur kadar gula didalam darah. 

Berikut ada beberapa bumbu dapur yang direkomendasikan para ahli untuk penderita diabetes. Penasaran? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Kunyit 

Kunyit memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan sangat berguna untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit sangat efektif untuk menurunkan glukosa atau kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, kunyit juga bisa mengatasi segala gejala diabetes lainnya. Tak hanya bisa dikonsumsi sebagai campuran bumbu masakan, kunyit juga bisa dijadikan sebagai susu.

2. Cengkeh

Selanjutnya ada cengkeh, bumbu dapur ini bisa meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Cengkeh juga bisa dijadikan sebagai antiseptik, anti-inflamasi serta bisa menjaga sistem pencernaan penderita diabetes.

3. Jahe

Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi jahe. Karena jahe memiliki kandungan yang bisa membantu homeostasis glukosa di dalam darah. Studi menunjukkan jika jahe bisa mengurangi kadar glukosa serum pada penderita diabetes tipe 2. Tak hanya bisa dikonsumsi sebagai campuran bumbu masakan, jahe juga bisa dicampurkan ke dalam minuman seperti teh, atau air hangat.

4. Biji Fenugreek

Bumbu ini memiliki kandungan serat yang bisa dicerna secara perlahan, sehingga tubuh melepaskan gula secara bertahap. Hal ini tentunya sangat berguna bagi penderita diabetes, karena kadar gula di dalam darah bisa teratasi dengan baik. Menurut para ahli, 10 gram biji fenugreek yang direndam di dalam air panas bisa membantu tubuh untuk mengendalikan penyakit diabetes tipe 2.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network