Bakpao Makanan Tradisional China yang Terkenal di Indonesia

Intan Eka
Bakpao Makanan Tradisional China yang Terkenal di Indonesia ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Siapa sih yang belum mengenal bakpao ? Pasti makanan ini sangat sering ditemui disekitar kita. Bakpao sendiri merupakan salah satu hidangan yang berasal dari negara China.

 

Bakpao berasal dari kata gabungan kata “ Bak “ dan “ Pao “. Bak memiliki arti sebagai bungkusan sedangkan pao berarti daging. Jadi Bakpao adalah bungkusan yang berisi daging. Penemu bakpao pertama kali adalah tentara Tionghoa yakni Zhuge Liang. Tentara Zhuge Liang merupakan salah satu tentara ahli strategis terbaik di China. 

 

Saat memenangkan sebuah peperangan, Zhuge Liang lantas ingin kembali ke ibu kota. Liang beserta pasukannya harus melewati sebuah sungai besar yang memiliki ombak dan berbadai. 

 

Sejak zaman Nenek Moyang, untuk membuat sungai tenang dan bisa diseberangi harus melempar sedikitnya 50 kepala manusia. Tetapi, Liang tak ingin terjadi pertumpahan darah dan pembunuhan lagi. Ia pun berfikir dan akhirnya menemukan cara lain yaitu membuat kue yang berbentuk mirip dengan kepala manusia, bulat dan rata di dasarnya yang biasanya disebut Baozi atau bakpao.  

 

Awalnya bakpao diisi dengan daging babi karena mayoritas masyarakat Tionghoa mengonsumsi daging babi. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, isian dalam bakpao tidak melulu daging babi. Varian isian bakpao bisa bermacam-macam seperti cokelat, selai kacang, selai buah-buahan, hingga sayuran.

 

Bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi supaya adonan mengembang. Setelah mengembang, bakpao dibentuk dan diisi dengan isian yang beraneka ragam. Lalu bakpao ini dikukus hingga matang. Dengan citarasa yang manis dan gurih membuat bakpao banyak memiliki peminat, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bakpao sendiri banyak dijual di mall ataupun swalayan. 

 

Di Negeri China bakpao sering digunakan sebagai pengganti nasi. Karena bakpao bisa dijadikan pengganjal perut saat kelaparan. Sedangkan di Indonesia bakpao dijadikan cemilan sebagai teman teh dan kopi saat sore hari atau sedang bersantai di hari libur. Itulah sekilas penjelasan tentang asal usul bakpao. Semoga bermanfaat.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network