get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Kepala UPT Liposos Jember Kembangkan Kreatifitas ODGJ Sebagai Treatment Pemulihan

Kamis, 05 September 2024 | 15:59 WIB
header img
Roni Efendi, Kepala UPT Liposos Kabupaten Jember (Foto: Eko)

JEMBER, iNewsJember.id - Kepala UPT Liposos Jember Roni Efendi memberdayakan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berwirausaha membuat kerajinan tangan dengan membuat hiasan bunga terbuat dari kawat berbulu. Kegiatan ini ditujukan supaya odgj memiliki ketrampilan diri untuk bekalnya di masyarakat. Karena pada umumnya odgj dianggap beban masyarakat dengan tingkat pemberdayaan yang rendah.

Roni menjelaskan kegiatan pembuatan bunga itu untuk memotivasi para ODGJ yang sudah membaik. Langkah ini bagian dari treatment yang rutin dilakukan untuk mengisi waktu kosong diluar konseling.

"Kegiatan ODGJ di sini kita variatif kadang kita  ada konseling, memotivasi kegiatan keterampilan," terang Roni.

Dari sekian banyak klien yang dirawat di Liposos ada empat odgj yang sudah mahir dalam pembuatan bunga desi. Buah hasil kerajinan tangan itu nantinya akan dikembangkan dan dipasarkan di masyarakat.


Dua ODGJ dilatih pembuatan bunga desi di Liposos Jember.

Kegiatan keterampilan seperti pembuatan bunga desi tidak semata untuk mengisi waktu kosong para odgj, namun kegiatan tersebut diyakini sangat efektif untuk pemulihannya. terbukti dari sekian klien yang ada di liposos, saat rutin dibimbing dengan melakukan kegiatan pembuatan kerajinan tangan, dampaknya sangat positif. Berkah kegiatan itu, klien odgj yang semula sering melamun saat ini tidak lagi.

"Alhamdulillah setelah ada kegiatan keterampilan seperti ini yang rutin dilakukan klien kami tidak kambuh lagi penyakitnya," ujarnya.

Editor : Eko Riswanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut