get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Tekan Resiko Bencana, Tim Gerpas Bersama PB PMI Lakukan Perempesan Pohon 

Kamis, 02 November 2023 | 23:32 WIB
header img
Kegiatan perempesan pohon di Jalan Ahmad Yani Jember.

JEMBER,iNewsJember.id - Posko Penanggulangan Bencana (PB) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menerjunkan 6 personil dan 1 unit ambulans untuk membantu tim gabungan gerakan perempesan (gerpas) pohon di Jalan Ahmad Yani Jember, Kamis (2/11). Gerpas ini dilaksanakan untuk antisipasi terjadinya pohon tumbang memasuki musim penghujan.

Kepala Markas PMI Kabupaten Jember Letkol (Purn) Sumarno mengatakan tugas utama PMI adalah melayani masyarakat dan membantu tugas Pemerintah Kabupaten Jember dibidang kemanusiaan. “Posko Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Jember bersama tim gabungan melakukan gerakan perempesan (gerpas) pohon berlangsung mulai hari ini (Kamis,2/11),” kata Kepala Markas PMI Kabupaten Jember Letkol (Purn) Sumarno.  

Menurut Sumarno, sebelum dilakukan perempesan, tim gabungan telah melakukan pendeteksian terhadap pohon-pohon yang akan dipangkas dahan atau rantingnya. Sehingga pohon yang akan dipangkasi sudah ditentukan. “Personel relawan dari Posko PMI bahu membantu dengan relawan gabungan lain,” ujarnya. Termasuk dari BPBD. Ada juga tim dari  PLN, Dinas Cipta Kaya, Dinas Pehubungan, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Kegiatan yang disebut (Gerakan Perempesan Pohon) sudah mulai dilakukan awal tahun 2023 lalu. Puluhan pohon  di Jalan Letjen Suprapto (37 batang), Jalan Imam Bonjol (51 batang), Jalan Teuku Umar (24 batang), Jalan A Yani (6 batang), Jalan Agus Salim (9 batang), Jalan Basuki Rahmad (16 batang), Jalan KH Sidiq (2 batang), Jalan Sutoyo (9 batang), Jalan Panjaitan (10 batang), dan rute sepanjang SMPN 2 hingga kantor PLN (15 batang) sudah dikepras. 

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut