get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang Mulai Merambah ke Wilayah Perkotaan

Kamis, 26 Oktober 2023 | 22:17 WIB
header img
Distribusi air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Jember.

JEMBER,iNewsJember.id – Warga terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang di Kabupaten Jember bertambah banyak. Kini wilayah kekeringan sudah mulai merambah daerah perkotaan, terbaru warga di RT 3 RW 12 Perumahan New Rengganis 2 Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari minta bantuan distribusi air bersih ke PMI Kabupaten Jember. Total, PMI Kabupaten Jember telah distribusi air bersih di sejumlah wilayah kekeringan sebanyak 390.000 Liter. 

Atas permintaan itu, PMI Kabupaten Jember  distribusi air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan antara lain  di lingkungan Tegal watu RT 02/RW 08 untuk  70 KK,  RT 03/RW 08 untuk 80 KK. Kemudian  RT 04/RW 08 dengan warga terdampak  43 KK sebanyak 154 Jiwa. RT 01/RW 08, Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang warga terdampak 4 KK. Terakhir  Perumahan New Rengganis 2 RT 3, RW 12, Lingkungan  Jambuan  Kelurahan Antirogo Kecamatam Sumbersari sebanyak 90 KK terdampak kekeringan. 

Wisnu Sugih Hartono, Ketua  RT 3, RW 12 di Perumahan New Rengganis menyatakan warganya mulai mengalami kesulitan air sejak Agustus 2023. “Kekeringan mulai Agustus, ada beberapa warga yang kekurangan air. Kedepannya harapan kami ada penyaluran air bersih terus seperti ini ke  Perumahan New rengganis 2,” kata Wisnu. 

Dia menjelaskan kondisi sumur air warga sudah banyak yang kering. “Air sumur warga ada yang habis, baru terjadi tahun ini saja tahun sebelumnya gak pernah terjadi,” imbuhnya. Sehingga, baru tahun ini warga Perumahan New Rengganis 2 dan sekitarnya mengalami kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Atas kondisi itu, awalnya warga Perumahan New Rengganis 2 beli air secara personal. “Awal kekeringan dari warga banyak yang beli air sendiri tetapi kost-nya kan  besar untuk beli air tiap hari. Akhirnya cari solusi dengan minta distribusi air bersih ke PMI. Saya ucapkan terima kasih kepada PMI yang rutin droping air bersih,” ujarnya. 

Dia berharap droping air bersih bisa dilakukan tiap hari ke Perumahan New Rengganis 2 Antirogo. Pasalnya, yang mengalami kekeringan juga warga sekitar. “harapan kedepannya bisa tiap hari droping airnya, di perumahan New Rengganis 2 ini yang terdampak 90  rumah yang ditempati, belum termasuk warga sekitar. Total ada sekitar 200 KK bersama warga kampung sekitar perumahan,” ujarnya. 

M. Faiturrohman Staf Markas PMI Kabupaten Jember yang droping air bersih menambahkan droping air bersih sudah koordinasi dengan BPBD Kabupaten Jember. “PMI koordinasi aktif dengan BPBD, ada laporan ada 8 kecamatan yang mengalami kekeringan,” kata M. Faiturrohman. 

Atas laporan itu, PMI menindaklanjuti dengan droping air bersih ke wilayah kekeringan. “Kita melaksanakan distribusi yang telah ditentukan BPBD, setiap hari kirim 2 trip atau 10 ribu liter, hasil kajian PMI kondisi air sumur kering,  ada juga yang sumur yang ada air tapi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga,” tukasnya.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut