get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Operasi Patuh Semiru 2023 Dimulai, Kasat Lantas Polres Jember: Utamakan Tindakan Preemtif

Senin, 10 Juli 2023 | 19:27 WIB
header img
Kasatlantas Polres Jember AKP. Arum Inambala SIK. M.Si didampingi jajaran Satlantas Polres Jember (Foto: Eko Riswanto)

JEMBER,iNewsJember.id – Polres Jember menggelar Operasi Patuh Semiru 2023. Kegiatan ini dimulai sejak hari ini Senin 10 Juli 2023 akan digelar selama 14 hari sampai 24 Juli 2023. Kegiatan operasi ini sudah menjadi rutinitas dalam rangka memberikan ketertiban terhadap pengendara motor, untuk keamanan keselamatan dan kelancaran lalu lintas. Mereka yang tidak patuh akan diberi surat tilang.

Kasatlantas Polres Jember AKP. Arum Inambala SIK. M.Si, mengatakan, bahwa operasi Patuh Semeru 2023, menjadi kegiatan nasional seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana ada beberapa sasaran yang akan dilakukan tindakan dalam operasi patuh kali ini.

Meski demikian pihaknya tetap akan mengutamakan tindakan Preemtif kepada pengendara, dengan memberikan edukasi, himbauan dan pendekatan kepada masyarakat, agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta selalu mengutamakan keselamatan pengendara lain.

“Operasi patuh semeru 2023 tahun ini, tidak selalu pada tindakan Gakkum (penegakan hukum berupa penilangan), tapi lebih mengutamakan pada tindakan Preemtif, yakni memberikan tindakan yang mengedepankan himbauan dan juga pendekatan kepada masyasrkaat,” jelas AKP. Arum Inambala SIK. Msi.

Tindakan Gakkum, juga akan tetap dilakukan, terutama kepada pengendara yang dianggap melakukan tindakan yang bisa membahayakan pengendara lain, seperti halnya balap liar, pengendara yang melawan arus, maupun berkendara tidak safety (tidak mengenakan helm untuk roda 2 dan juga sabuk pengaman untuk pengendara roda 4.

“Penindakkan Gakkum secara konvensional, yakni petugas melakukan patroli secara langsung dilapangan, dengan menindak pengendara yang membahayakan pengguna jalan yang lain, seperti halnya aksi kebut-kebutan, balap liar, maupun melawan arus,” tandasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut