get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

LKS Se Jatim, Ini Pesan Khofifah Kepada Siswa SMK di Jember

Selasa, 23 Mei 2023 | 20:53 WIB
header img
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat tiba di Gedung Olah Raga (GOR) Politeknik Jember, terlihat disambut oleh Wakil Bupati Jember KH Firjaun Barlaman (Foto: Eko Riswanto)

JEMBER,iNewsJember.id- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tahun 2023 tingkat Provinsi ke 31 di Kabupaten Jember, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Politeknik Jember, Selasa (23/05) sore.

Ajang adu skill kompetensi keahlian siswa SMK ini diikuti 1.653 peserta dari SMK Negeri dan Swasta se Jatim dengan 54 bidang lomba.

Khofifah menuturkan, ajang ini untuk mewadahi siswa yang unggul dan kompeten untuk mempunyai daya saing yang kompetitif.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga meminta agar guru dan tenaga kependidikan untuk bersama-sama merealisasikan Perpres no 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Menurutnya, LKS yang sedang berlangsung ini sesuai dengan komitmen Pemprov Jatim sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas SDM unggul menuju Jatim sebagai Provinsi Vokasi. 

"Di SMK anak-anak di ajarkan dengan 70 persen praktek dan 30 persen teori. Selain memperbanyak link and match dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), saat ini pendidikan vokasi juga didorong untuk menyelenggarakan pelatihan dan kursus keterampilan berbasis kompetensi,"kata orang nomor satu di Jawa Timur itu.

Tak hanya itu, mantan menteri sosial tersebut juga berpesan kepada siswa dan siswi SMK agar menanamkan sikap dan akhlak yang luhur seperti halnya seorang Boedi Oetomo yang melahirkan organisasi pada 20 Mei 1908. 

“Bagaimana setiap perilaku membangun bangsa dasarnya juga akhlakul karimah. Membangun kehidupan sosial juga berakhlakul karimah. Di sektor ekonomi dan budaya juga akhlakul karimah. Itu pada dasarnya adalah norma Boedi Oetomo,” tuturnya.

Khofifah juga meminta para siswa agar selalu mendoakan para guru dan orang tuanya “Bapak dan ibu guru kita mudah-mudahan diberi kesehatan, sabar dan ikhlas serta mendapat limpahan rezeki yang luas,” tukasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut