get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Gelar Peringatan 1 Abad, Ponpes Nahdlatuth Thalabah Jember Sedekah 26 Kantong Darah

Selasa, 14 Maret 2023 | 22:34 WIB
header img
Santri dan Pengasuh Ponpes Nahdlatuth Thalabah saat kegiatan donor darah (Foto: Humas PMI Jember)

JEMBER,iNewsJember.id –  Palang Merah Remaja (PMR) MTs Nahdlatuth Thalabah, MA Nahdlatuth Thalabah dan SMK Nahdlatuth Thalabah punya cara berbeda memperingati 1 abad Ponpes Nahdlatuth Thalabah. Mereka menggelar aksi kemanusiaan dengan  bersedekah 26 kantong darah ke unit donor darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Darah yang sudah di screening disedekahkan kepada pasien-pasien di rumah sakit di Kabupaten Jember yang membutuhkan. 

Selain berperan pada pembukaan yasinat juga menggelar donor darah sukarela bagi santri, pengasuh dan masyarakat sekitar pada senin 13 maret 2023. Sebanyak 26 kantong berhasil dihimpun pada kesempatan tersebut.

"Kegiatan donor darah ini pertama kali dilakukan di yayasan Yasinat. Semoga dengan kegiatan ini bisa mendorong kepedulian santri kepada sesama sehingga semakin banyak pendonor sukarela,”  tutur Muhammad Budi Santoso salah satu Fasilitator PMR. 

Palang Merah Remaja menjadi salah satu ekstrakurikuler di tiga satuan pendidikan yaitu MTs Nahdlatuth Thalabah, MA Nahdlatuth Thalabah dan SMK Nahdlatuth Thalabah. Dimana PMR selalu mengambil peranan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan yayasan. Pada peringatan satu abad Yasinat PMR diberikan tugas untuk menjadi tim kolosal dan tim kesehatan. 

Pada pembukaan peringatan tersebut pada Maret 2023 Fasilitator PMR diberikan kepercayaan untuk menyiapkan penampilan kolosal pada pembukaan acara. Sebanyak 460 santri putri yang sebagian adalah anggota menjadi bagian dari tampilan tersebut. Tampilan kolosal terdiri dari paper mop, tari saman dan pelantunan nadhom alfiah. Selain itu pada pembukaan sebanyak 40 anggota PMR disiagakan untuk menjadi tim kesehatan. 

"Ini merupakan suatu kepercayaan kepada fasilitator untuk menjadi bagian dalam pembukaan peringatan hari lahirnya Yasinat dan ini juga menjadi bukti kepercayaan kepada PMR," imbuh Muhammad Budi Santoso.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut