get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Semarak HSN, Pemkab Jember Gelar Lomba MQK

Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:57 WIB
header img
Pembukaan lomba MQK Kabupaten Jember (foto:istimewa)

JEMBER,iNews.id-Pemerintah Kabupaten Jember kembali menggelar Musabaqah Qiro’atil Kutub (MQK) tahun 2022 tingakat kabupaten. Kegiatan digelar selama dua hari Sabtu-Minggu (15-16/10)  dipusatkan di alun-alun Jember, dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober mendatang. Diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai pondok pesantren.

 

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan bahwa gelaran lomba dalam menyambut HSN ini agar diadakan kegiatan selama seminggu penuh sampai pada hari H nantinya. Ia menginginkan kegiatan tahunan itu juga menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian terutama bagi pelaku usaha (UMKM) seperti slogan Hendy “sukses pelaksanaan, sukses ekonominya”.

“Menjadi kewajiban Pemkab Jember untuk memfasilitasi santriwan santriwati, dimana kekuatan pondok pesantren yang jumlahnya besar di Jember dan kegiatan ini juga membawa manfaat lebih dengan pergerakan ekonomi kerakyatan,” ujar Hendy saat membuka gelaran MQK.

 

Antusias peserta yang mencapai ± 962 peserta dari 116 pondok pesantren se-Kabupaten Jember menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Jember. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya. 

 

MQK ini menjadi suport para santri dalam mengaji dan memahami kitab-kitab kuning. Selain itu, lomba ini juga sebagai pemacu semangat para santri.”Melalui MQK ini harapannya para santri terpacu semangatnya untuk mengaji dan mentalnya terlatih,” Harap Hendy.

 

“Jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun lalu yang berlomba di 7 cabang lomba selama dua hari sebagai rangkaian peringatan Hari Santri Nasional,” ujarnya.

 

Adapun venue lomba berada di Alun-alun Jember untuk panggung utama dan acara pembukaan, selebihnya ditempatkan di area Pemkab Jember (Aula PB. Sudirman, Aula Bawah Setda, Ruang Lobby Bupati, Hall Praja Mukti, serta Kantor ex Bagian Hukum).

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut