get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

4 Tanda Kehamilan yang Sehat

Selasa, 28 Februari 2023 | 09:32 WIB
header img
4 Tanda Kehamilan yang Sehat ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Setiap pasangan pastinya mendambakan anak, tentunya kedua orang tua harus menjaga kehamilan dengan baik. Baik dari segi istri maupun dari segi suami.

Untuk seorang ibu hamil, menjaga janin tetap sehat adalah sebuah kewajiban yang memang sangat penting.Maka dari itu, calon ibu biasanya akan melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan si kecil. Dari menjaga pola makan hingga pemilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Tanda kehamilan yang sehat dapat diketahui melalui pemeriksaan medis. Lantas apa saja tanda kehamilan yang sehat ? Berikut penjelasannya

1. Adanya pergerakan

Bayi yang aktif bergerak ( quickening ) saat didalam kandungan bisa dirasakan oleh sang ibu. Sang bayi yang berada di dalam perut akan melakukan pergerakan seperti menendang atau berpindah posisi. Biasanya pergerakan ini sangat jelas dirasakan pada usia kandungan mencapai 8 bulan. Calon bagi yang aktif tersebut menandakan jika kandungan dalam kondisi baik-baik saja.

2. Adanya denyut jantung pada bayi

Jantung bayi akan mulai berdetak sejak usia lima minggu kehamilan. Jika ingin mengetahui denyut jantung pada bayi bisa dengan melakukan pemeriksaan tes non-stres ke dokter kandungan. Tes ini akan memantau detak jantung sang bayi. Detak jantung yang sehat berkisar dari 110 hingga 169 per menit.

3. Payudara membesar dan nyeri

Payudara akan membesar, hal ini merupakan tanda kehamilan yang sehat.Kondisi ini biasanya terjadi sejak trimester pertama kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen serta progesteron yang biasanya akan hilang saat tubuh telah beradaptasi dengan hormon kehamilan.

Efek dari lonjakan hormon akan membuat kelenjar susu tumbuh lebih banyak serta aliran darah di area payudara akan semakin meningkat. Saat usia kehamilan mencapai 11 minggu, areola akan berubah menjadi lebih gelap dari biasanya. Perubahan ini bertujuan dalam mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI selama masa menyusui.

4. Berat badan naik

Tanda kehamilan yang sehat bisa dilihat melalui kenaikan berat badan di setiap bulannya. Biasanya kenaikan berat badan ibu hamil berkisar 12 hingga 15 kilogram. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut