get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Rambut Sering Rontok? Mungkin Karena 4 Faktor Ini

Jum'at, 24 Februari 2023 | 14:07 WIB
header img
Rambut Sering Rontok? Mungkin Karena 4 Faktor Ini ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Rambut rontok adalah masalah yang cukup mengganggu terutama bagi kaum wanita. Jika dibiarkan secara terus menerus rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan pada seseorang. 

Biasanya setiap orang akan kehilangan 50 hingga 100 helai perhari. Namun, kebotakan rambut tidak bisa terlihat, sebab rambut baru akan tumbuh secara bersamaan. Dibalik rambut yang mudah rontok ternyata ada faktor pemicunya. 

Berikut ada 5 faktor yang menjadi pemicu terjadinya rambut rontok. Apa saja ?

1. Gaya rambut dan perawatan

Gaya rambut yang diikat secara kencang seperti kuncir atau cornrows bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Kondisi ini biasanya disebut alopecia traksi. Perawatan rambut yang menggunakan hot oil bisa menyebabkan rambut rontok. Apabila jaringan parut semakin parah, maka kerontokan pada rambut bisa menjadi permanen.

2. Riwayat keluarga (keturunan)

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Kondisi ini dinamakanan androgenic alopecia. Kebotakan ini bisa menyerang pria maupun wanita. Kerontokan rambut bisa terjadi secara bertahap, yakni garis rambut yang semakin mundur serta bintik-bintik botak pada pria serta penipisan rambut di area ubun-ubun kepala pada wanita. 

3. Perubahan hormon dan kondisi medis

Kerontokan rambut bisa terjadi secara permanen atau hanya sementara. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon akibat kehamilan, persalinan, menopause, serta masalah tiroid. Kerontokan ini termasuk kedalam kelompok alopecia areata. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menyebabkan rambut rontok yang tidak merata. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan infeksi kulit kepala seperti kurap dan gangguan pencabutan rambut atau yang biasa disebut trikotilomania. 

4. Obat dan suplemen

Rambut rontok bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu. Biasanya obat yang bisa membuat rambut rontok sering digunakan untuk mengobati penyakit kanker, radang sendi, masalah jantung, depresi, asam urat, serta tekanan darah tinggi. Kerontokan ini bisa diatasi dengan melakukan terapi radiasi pada kepala. Kemungkinan besar rambut akan tumbuh kembali seperti semula. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut