get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Makanan Ini Bisa Bantu Pembentukan Otot di dalam Tubuh, Apa saja ?

Senin, 20 Februari 2023 | 13:17 WIB
header img
5 Makanan Ini Bisa Bantu Pembentukan Otot di Dalam Tubuh, Apa saja ? ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Ada beberapa macam faktor yang bisa mempengaruhi pembentukan otot di dalam tubuh. Salah satunya dengan melakukan latihan fisik secara teratur yang bisa membesarkan massa otot di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan penting di dalam pembangunan atau pembentukan massa otot di dalam tubuh. 

Berikut ada beberapa makanan yang bisa membantu pembentukan otot di dalam tubuh:

1. Greek atau Yogurt Susu

Yogurt susu merupakan sumber protein yang sangat unik, karena yogurt susu ini menyediakan kombinasi whey protein yang bisa lebih cepat dicerna serta protein kasein yang lebih lambat dicerna. Disaat dikonsumsi secara bersamaan, kedua jenis protein ini bisa meningkatkan dan juga memperpanjang proses sintesis protein. 

Hal ini biasanya dilalui otot saat sedang menghadapi masa pemulihan. Greek yogurt adalah pilihan produk susu yang sangat bagus, sebab mengandung protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa. Greek yogurt juga memberikan manfaat kesehatan probiotik tambahan yang biasanya ditemukan di dalam produk keju. 

2. Telur 

Telur sangat kaya akan nutrisi, seperti lemak, protein, termasuk campuran vitamin seperti  B12, B6, dan juga thiamin. Selain itu, telur juga memiliki kandungan leusin dosis tinggi. Asam amino ini terkenal memiliki kehebatan dalam membantu tubuh membangun massa otot.

3. Ikan 

Ikan merupakan salah satu sumber protein tanpa lemak, selain itu ikan juga bisa memenuhi vitamin serta mineral di dalam tubuh. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kinerja otot dan membantu mencegah hilangnya massa otot. Salmon dan tuna bisa menjadi sebuah pilihan pembentuk massa otot yang paling baik. 

4. Kacang

Saat dikonsumsi dalam jumlah sedang, kacang bisa menjadi sebuah pilihan terbaik untuk membangun massa otot. Camilan ini menawarkan perpaduan sempurna antara protein, lemak, dan juga serat, sehingga bisa menjadikan salah satu pilihan seimbang untuk melengkapi latihan.

5. Kedelai 

Kedelai adalah salah satu legum yang paling padat serta banyak kandungan nutrisinya. Kedelai juga memiliki kandungan protein yang kuat untuk membantu tubuh membangun massa otot. Selain itu, kedelai memiliki kandungan sembilan asam amino esensial yang merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut