get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Pernah Viral, Inilah 4 Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 16 Februari 2023 | 10:49 WIB
header img
Pernah Viral, Inilah 4 Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Kol merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan sebagai campuran sup atau dijadikan lalapan. Selain lezat kol juga kaya akan nutrisi.

Kol kaya akan vitamin A,B1, B12, B6, E,C,K dan juga mineral lainnya seperti kalsium, zat besi, iodine, potassium, sulfur, fosforus, dan juga asam folat.

Akhir-akhir ini sayur kol menjadi viral akibat menjadi salah satu menu andalan di dalam masakan viral yakni Nasi Minyak. Sebelum disajikan kol digoreng terlebih dahulu.

Banyak sekali komentar bahwa sajian ini tidak sehat karena bisa menyebabkan penyakit dislipidemia. Belum lagi kalori baik yang terkandung di dalam kol akan berkurang setelah digoreng menggunakan minyak jelantah. 

Terlepas dari itu semua, berikut ada beberapa manfaat dari sayur kol. Apa saja ?? Simak penjelasan berikut ini.

1. Untuk detoksifikasi tubuh

Sayur kol kaya akan kandungan vitamin C dan juga sulfur. Kandungan ini sangat ampuh dalam melawan toksin seperti radikal bebas dan juga asam urik yang ada di dalam tubuh. Menurut para ahli jus kol bisa memperlancar pergerakan usus serta bisa menjaga organ hati agar tetap terjaga dengan baik.

2. Mengatur Gula Darah

Kol merah memiliki kandungan zat fitonutrien atau zat betalains yang sangat tinggi, zat ini bisa memberikan warna alami pada kol. Betalains juga bisa berfungsi untuk merendahkan zat gula darah dan produksi insulin. Kol mengandung zat hipoglikemik yang bisa dijadikan sebagai obat diabetes tipe-2.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama halnya dengan sayuran lain, kol juga mengandung antioksidan, fiber, dan juga vitamin. Ketiga zat ini diketahui memiliki kalori yang rendah,dan juga kol bisa membuat tubuh cepat kenyang. Sehingga keinginan untuk makan berlebihan bisa diminimalisir.

4.Bagus untuk Kulit

Kol mengandung zat sulfur yang sangat bertanggung jawab terhadap sel kulit mati. Kol juga mengandung vitamin C dan K, serta antioksidan yang bisa melindungi kulit akibat paparan dari radikal bebas.Kandungan sulfur juga bisa menyembuhkan jerawat dan ekzema. Agar lebih nikmat kol bisa disajikan dengan cara difermentasi.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut