get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

4 Cara Mengolah Buah Bit yang Nikmat

Senin, 13 Februari 2023 | 11:29 WIB
header img
4 Cara Mengolah Buah Bit yang Nikmat ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Buah bit merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah bit mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin C, asam folat, kalium, magnesium dan sejumlah antioksidan yang bisa membantu tubuh mengurangi efek peradangan. 

Buah bit bisa diolah menggunakan berbagai cara, mulai dari dipanggang, dijadikan jus, ataupun dikonsumsi mentah sebagai salad. Berikut ada beberapa cara mengolah buah bit yang nikmat. 

1. Salad Buah Bit

Salad merupakan salah satu bentuk makanan sehat. Salad bisa divariasikan dengan berbagai aneka sayuran ataupun buah-buahan dalam hidangan ini. Salad buah bit menggunakan buah bit segar yang masih mentah kemudian dicampurkan ke dalam hidangan salad. Agar mudah mengkonsumsinya, bisa mengiris buah bit dengan tipis-tipis, jangan lupa untuk memberi tambahan yogurt tanpa lemak dan juga cuka balsamic di atas hidangan salad ini. 

2. Buah Bit Panggang

Kentang dan ubi yang dipanggang pastinya sudah tidak asing lagi, tapi kalau buah bit yang dipanggang seperti apa ya ? Ternyata buah bit panggang memiliki rasa yang hampir mirip dengan kentang atau ubi panggang. Namun buah bit memiliki rasa manis yang lebih dominan, sebab proses pemanggangan ini bisa membuat karamelisasi gula alami yang terdapat di dalam buah bit. Sehingga saat dimakan, buah bit panggang memiliki rasa manis yang lebih terasa. 

Cara untuk memanggang buah bit pun tergolong mudah, yakni hanya tinggal membungkus buah bit yang telah dicuci bersih menggunakan aluminium foil. Kemudian buah bit yang sudah dibungkus dipanggang dengan suhu 400 derajat celcius sekitar 1 jam 15 menit. Setelah matang, kupas kulit buah dan beri taburan cuka balsamic serta irisan kulit jeruk di atas buah bit.

3. Jus Buah Bit

Buah bit ternyata juga cocok dijadikan sebagai jus buah yang segar. Cara membuat jus inipun sama dengan membuat jus buah lainnya. Sebagai bahan tambahan, buah bit bisa dicampurkan dengan buah lainnya seperti apel, jeruk, pepaya, ataupun tomat. Secangkir jus buah bit memiliki kandungan serat sebanyak 5 gram. Kandungan serat ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jus jeruk yang hanya memiliki 1 gram serat per cangkirnya. 

4. Keripik Buah Bit

Sama halnya dengan jenis umbi-umbian lainnya, buah bit juga cocok diolah menjadi cemilan seperti keripik. Cara membuatnya pun tergolong mudah, yakni buah bit dipotong tipis-tipis dan digoreng hingga matang. Keripik buah bit bisa menjadi camilan sehat dikala lapar melanda. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut