get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Mengolah Buah Bit yang Nikmat

Bit, Si Mungil yang Punya Banyak Manfaat

Selasa, 10 Januari 2023 | 11:54 WIB
header img
Bit, Sii Mungil yang Punya Banyak Manfaat ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di tanah layaknya singkong dan ubi. Kebanyakan orang menyebut bit sebagai buah karena bentuk dan warnanya hampir mirip.

Bit sering digunakan sebagai bahan pengobatan alami karena mengandung berbagai nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium,natrium, dan juga zat besi. 

Bit juga sangat rendah lemak dan kalori dan kaya akan antioksidan sehingga sangat bagus untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit di dalam tubuh. Berikut ada beberapa manfaat bit yang jarang diketahui.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bit mengandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini sangat berperan dalam menurunkan serta menjaga kestabilan tekanan darah. Dalam sebuah studi menjelaskan bahwa jus bit sangat mampu mengurangi terjadinya tekanan darah meski hanya sedikit. Manfaat ini berasal dari pigmen merah betalain dan antioksidan yang terkandung di dalam bit. 

2. Mencegah Pikun

Kandungan nitrit dalam buah bit diduga bisa memperlancar aliran darah dan juga oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Hal ini sangat baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun. Sebab itu, bit sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk lansia. 

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, buah bit sangat disarankan untuk dikonsumsi, karena mengandung senyawa kimia yang dapat mengendalikan kadar glukosa dan juga insulin di dalam tubuh. Buah bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan juga bisa memperbaiki sistem saraf yang rusak bagi penderita diabetes. 

4. Mencegah Kanker

Bit sangat dipercaya bisa mencegah terjadinya kanker. Klaim ini berdasarkan pada sebuah hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstra bit bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Efek ini berasal dari kandungan betasianin dan juga antioksidan di dalam buah bit. 

5. Mendukung Kerja Saraf dan Otot

Bit memiliki kandungan kalium yang bisa membantu saraf dan otot tubuh agar berfungsi dengan baik. Selain itu, bit juga diketahui bisa mencegah terjadinya kram pada otot akibat kelelahan. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut