get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Inilah 6 Manfaat Utama Black Garlic

Rabu, 08 Februari 2023 | 17:49 WIB
header img
Inilah 6 Manfaat Utama Black Garlic ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar yang masih dalam kondisi mentah. Bawang hitam disimpan pada suhu sekitar 60 sampai 77 derajat celcius selama 30 hingga 90 hari.

Dalam prosesnya, bawang hitam akan menghasilkan tekstur serta rasa bawang putih yang sangat berbeda. Tekstur bawang hitam ini lebih lembut, kenyal dan juga lebih manis daripada bawang putih mentah biasanya. 

Meski tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, black garlic memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini ada sederet manfaat black garlic yang perlu diketahui. 

1. Melindungi Jantung 

Black garlic mampu membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida. Kemampuan ini bisa membuat kesehatan jantung tetap terjaga. Dengan rajin mengkonsumsi black garlic bisa mengurangi terjadinya resiko terkena penyakit jantung. 

2. Melawan Berbagai Jenis Kanker 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa black garlic bisa membantu tubuh melawan sel kanker. Sebuah studi juga menjelaskan bahwa kandungan di dalam black garlic bisa membantu mengurangi resiko terjadinya pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Senyawa di dalam black garlic bisa memblokir radikal bebas di dalam tubuh. Senyawa ini juga bisa mengurangi kerusakan pada sel serta bisa membatasi pertumbuhan serta potensi penyebaran sel kanker didalam tubuh. 

3. Mengontrol Gula Darah 

Sama halnya dengan bawang putih segar, black garlic bisa mengatur kadar gula di dalam darah. Dengan terkontrolnya gula darah, tubuh bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan yang serius seperti gejala diabetes, seperti disfungsi ginjal dan lain sebagainya. Tingkat antioksidan yang tinggi di dalam black garlic bisa membantu tubuh mencegah terjadinya komplikasi pada penyakit diabetes. 

4. Meningkatkan Kekebalan 

Black garlic bisa membantu mengurangi adanya peradangan, antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas serta mencegah terjadinya stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel. Jika sistem kekebalan tubuh bisa terjaga dengan baik, maka tubuh bisa melawan infeksi serta bakteri lebih efektif. 

5. Baik untuk Kesehatan Hati 

Black garlic juga bisa membantu tubuh untuk menjaga kesehatan hati. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi black garlic bisa menurunkan gejala kerusakan pada hati, mengurangi timbunan lemak di dalam hati, dan juga bisa menyeimbangkan ukuran sel di dalam hati.

6. Kesehatan Otak 

Black garlic memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan pada tubuh. Kandungan antioksidan juga bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Black garlic juga bisa membantu otak untuk meningkatkan daya ingat. 

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut