get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Penting! Ini 5 Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:04 WIB
header img
Penting! Ini 5 Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh ( foto : Okezone)

JEMBER, iNewsJember.id - Bayam merah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah membangun kekuatan otot. Kekuatan otot sangat dibutuhkan oleh atlet olahraga maupun bagi seseorang yang ingin membentuk otot tubuh. 

Ekstrak bayam merah juga kaya dengan fitokimia dan juga nitrat yang biasanya diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat merupakan molekul penting yang dapat mendukung sirkulasi darah.

5 Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh

Berikut ada beberapa manfaat bagi tubuh jika mengkonsumsi bayam merah sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

1. Bagus untuk Perkembangan Otot 

Dalam penelitian bayam merah diketahui bisa meningkatkan kekuatan otot hingga tiga kali lebih besar daripada mengkonsumsi plasebo. Bayam merah juga memiliki manfaat ergogenik yang berasal dari kepadatan nutrisi serta kadar nitrat yang tinggi. Bayam merah juga memiliki kinerja yang baik untuk meningkatkan perkembangan otot di dalam tubuh. Jika mengkonsumsi bayam merah serta melatih tubuh untuk berolahraga lebih keras, kekuatan otot di dalam tubuh akan lebih baik. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Kekuatan 

Penelitian dari Universitas Massey di Auckland, Selandia Baru, menjelaskan bahwa bayam merah bisa meningkatkan kadar oksida nitrat. Hal ini akan meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh secara signifikan. Bayam merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh para atlet dan juga para lansia. Daya tahan tubuh dan kandungan oksida nitrat akan menurun dengan seiring bertambahnya usia, sehingga bayam merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para lansia. 

3. Melancarkan Pencernaan 

Bayam merah yang dikonsumsi secara langsung bisa menjadi sumber makanan berserat yang bisa membantu sistem pencernaan di dalam tubuh. Cara ini sudah dilakukan selama berabad-abad oleh beberapa negara. Sebab bayam merah sering digunakan sebagai bahan alternatif alami untuk melancarkan pencernaan serta menjaga kesehatan tubuh. 

4. Mengandung Antioksidan dan Memulihkan Otot dengan Cepat 

Bayam merah termasuk ke dalam daftar makanan yang kaya akan nitrat. Oleh sebab itu bayam merah bisa mendukung pemulihan otot lebih cepat. Jika berolahraga, kadar nitrat di dalam tubuh akan diubah menjadi oksida nitrat, yang bisa menyalurkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh otot dan juga organ vital. Kandungan di dalam bayam merah juga bisa membantu tubuh pulih lebih cepat. 

5. Baik untuk Jantung 

Bayam merah banyak mengandung fitosterol yang sangat berperan penting bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi fitosterol setiap hari bisa mendukung kadar kadar kolesterol sehat di dalam tubuh. Kandungan nitrat yang tinggi akan mendorong sirkulasi peredaran darah serta menjaga kesehatan jantung. 

Itulah kelima manfaat bagi tubuh jika mengkonsumsi bayam merah sesuai dengan takaran. Selamat mencoba

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut